PENGARUH PENUMPUKAN, PENGGULUNGAN DAN PEMBUNGKUSAN TERHADAP KOMPONEN DAN KANDUNGAN ZAT MAKANAN JERAMI PADI (Oryza sativa) YANG DISIMPAN SELAMA 90 HARI

DINUL, HAQ (2022) PENGARUH PENUMPUKAN, PENGGULUNGAN DAN PEMBUNGKUSAN TERHADAP KOMPONEN DAN KANDUNGAN ZAT MAKANAN JERAMI PADI (Oryza sativa) YANG DISIMPAN SELAMA 90 HARI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (1. pendahuluan)
I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (V. kesimpulan)
V. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (fulltext)
skripsi dinul full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manfaat perlakuan berupa penumpukan, penggulungan dan pembungkusan jerami padi yang disimpan selama 90 hari terhadap proporsi daun, batang dan arai serta kandungan zat makanan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola factorial (3x4x3), faktor A (penumpukan, penggulungan, pembungkusan), faktor B (0,30,60,90 hari). Parameter yang diamati adalah proporsi komponen jerami padi serta kandungan zat makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi yang sangat nyata (P<0,01) terdapat persentase komponen jerami dan kandungan zat makanan jerami padi. Pada perlakuan penumpukan dan penggulungan dengan semakin lama proses penyimpanan mengalami peningkatan persentase bagian daun dan arai, namun mengalami penurunan kandungan air, pada perlakuan pembungkusan dengan semakin lama proses penyimpanan mengalami peningkatan pada persentase bagian daun dan kandungan air, namun mengalami penurunan pada persentase bagian arai dan kandungan serat kasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan pembungkusan yang disimpan selama 90 hari merupakan perlakuan yang terbaik dimana terjadinya kandungan air dan protein tertinggi serta kandungan serat kasar yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: jerami padi, penumpukan, penggulungan, pembungkusan, komponen jerami
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:55
Last Modified: 13 Sep 2022 09:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105920

Actions (login required)

View Item View Item