Pengendalian Lalat Buah (Bactrocera spp.) (Diptera: Tephritidae) pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L) Menggunakan Campuran Air Tebu (Saccharum officinarum) dan Ragi Tape (Saccharomyces cerevisiae)

Diva, Wulandari (2022) Pengendalian Lalat Buah (Bactrocera spp.) (Diptera: Tephritidae) pada Tanaman Cabai (Capsicum annuum L) Menggunakan Campuran Air Tebu (Saccharum officinarum) dan Ragi Tape (Saccharomyces cerevisiae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstark.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Bab v kesimpulan dan saran)
3. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi full text)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGENDALIAN LALAT BUAH (Bactrocera spp.) (Diptera : Tephritidae) pada TANAMAN CABAI (Capsicum annum L) MENGGUNAKAN CAMPURAN AIR TEBU (Saccharum officinarum) dan RAGI TAPE (Saccharomyces cerevisiae) Abstrak Lalat buah (Bactrocera spp.) merupakan hama utama pada tanaman cabai yang dapat dikendalikan menggunakan biopestisida. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas air tebu yang ditambahkan ragi tape dalam mengendalikan populasi dan serangan hama lalat buah pada tanaman cabai. Penelitian dilaksanakan di lahan petani dan di Laboratorium. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penambahan berbagai berat ragi tape (0,5; 1; 1,5; dan 2 gr) pada 5 ml air tebu dan kontrol (hanya 5 ml air tebu tanpa ragi). Satu perangkap dipasang pada luas areal tanaman cabai 2,5 m x 2,5 m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis lalat buah yang menyerang tanaman cabai adalah Bactrocera dorsalis Handel. Jumlah lalat buah yang terperangkap 1,29-1,65 ekor/perangkap/tiga hari dan menunjukkan hasil berbeda tidak nyata antar perlakuan. Jumlah lalat buah yang terperangkap tidak berpengaruh terhadap persentase tanaman dan buah terserang. Persentase tanaman terserang berkisar antara 21,00-36,75%. Persentase buah terserang berkisar 5,25-8,75%. Kata Kunci: cabai, lalat buah, biopestisida, air tebu, ragi tape

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hidrayani, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:57
Last Modified: 22 Jun 2022 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105900

Actions (login required)

View Item View Item