DAMPAK KEPARAHAN KARIES GIGI TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 8 – 9 TAHUN DI SD N 33 TANJUNG SABAR KOTA PADANG

Hilda, Zefni (2022) DAMPAK KEPARAHAN KARIES GIGI TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 8 – 9 TAHUN DI SD N 33 TANJUNG SABAR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang banyak dialami oleh anak-anak. Hal ini disebabkan oleh mineralisasi gigi yang belum sempurna dan perilaku anak yang kurang mendukung terhadap kesehatan gigi dan mulut. Karies gigi yang tidak dirawat dapat menimbulkan permasalahan yang dapat mengganggu aktivitas dan mempengaruhi kualitas hidup anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keparahan karies gigi terhadap kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut anak usia 8 – 9 tahun di SD N 33 Tanjung Sabar Kota Padang. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 46 orang anak usia 8 – 9 tahun di SD N 33 Tanjung Sabar Kota Padang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan indeks pufa dan wawancara untuk pengisian kuesioner Child Perceptions Questionnaire 8 – 10 (CPQ 8 – 10). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 80,6% responden pufa positif mengalami kualitas hidup yang buruk. Hasil uji statistik Chi square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara keparahan karies gigi dengan kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut anak usia 8 – 9 tahun di SD N 33 Tanjung Sabar Kota Padang dengan nilai p=0,000 dan odd ratio = 5,143 Kesimpulan: Terdapat dampak keparahan karies gigi terhadap kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut anak usia 8 – 9 tahun di SD N 33 Tanjung Sabar Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp. KGA
Uncontrolled Keywords: CPQ 8 – 10, Indeks pufa, Keparahan karies gigi, Kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:18
Last Modified: 23 Jun 2022 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105899

Actions (login required)

View Item View Item