Kajian Skenario Sistem Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan Menggunakan Metode Life Cycle Assessment Pada Kawasan Wisata MIFAN dan PDIKM Kota Padang Panjang

Rahma, Yenti (2022) Kajian Skenario Sistem Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan Menggunakan Metode Life Cycle Assessment Pada Kawasan Wisata MIFAN dan PDIKM Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pengelolaan sampah Kawasan Wisata MIFAN dan PDIKM masih menerapkan sistem kumpul-angkut-buang. Sampah yang terkumpul masih dalam keadaan tercampur, selanjutnya sampah diangkut ke TPA tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Penelitian bertujuan untuk menganalisis potensi dampak lingkungan serta menentukan skenario terbaik dari sistem pengelolaan sampah Kawasan Wisata MIFAN dan PDIKM Padang Panjang menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA). Skenario disusun berdasarkan tiga skenario yaitu skenario 0 merupakan pengelolaan sampah eksisting. Pada skenario ini ada peran sektor informal dalam mereduksi sampah di sumber. Pengelolaan dimulai dari pewadahan, pengumpulan dan pengangkutan ke TPA jenis controlled landfill. Skenario 1 merupakan sistem perencanaan dengan tahapan pemilahan dan pewadahan, pengumpulan, pengolahan di TPS 3R yaitu pengomposan dan daur ulang, pengangkutan dan pemrosesan akhir di TPA jenis controlled landfill. Skenario 2 dengan teknis pengelolaan sama dengan skenario 1 tetapi ada peran sektor informal dalam mereduksi sampah di sumber. Penilaian dampak menggunakan metode EDIP 2003. Berdasarkan analisis single score yang dilakukan terhadap kategori dampak Global Warming (GW), Acidification (A), Aquatic Eutrophication (AE), menunjukkan skenario 0 memiliki nilai total paling besar yaitu 18.779,60 Pt, skenario 1 dengan nilai total yaitu 6.819,51 Pt dan skenario 2 memiliki nilai total paling kecil yaitu 2.648,51 Pt. Maka, direkomendasikan pengelolaan sampah terbaik dengan dampak yang paling rendah yaitu skenario 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yommi Dewilda, MT Rizki Aziz, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Kawasan Wisata MIFAN dan PDIKM, Life Cycle Assessment, Dampak Lingkungan.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:35
Last Modified: 22 Jun 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105840

Actions (login required)

View Item View Item