STUDI PERBANDINGAN WAKTU TEMPUH DAN KECEPATAN PERJALANAN ANTARA BUS TRANS PADANG DENGAN MOBIL PRIBADI Studi Kasus : Koridor I (L. Buaya – I. Bonjol)

HAZAEL, RAHMAT (2014) STUDI PERBANDINGAN WAKTU TEMPUH DAN KECEPATAN PERJALANAN ANTARA BUS TRANS PADANG DENGAN MOBIL PRIBADI Studi Kasus : Koridor I (L. Buaya – I. Bonjol). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201411051024th_22. studi perbandingan waktu tempuh dan kecepatan perjalanan antara bus trans padang dengan mobil pribadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Trans Padang resmi dioperasikan pada tanggal 14 Februari 2014dengan sepuluh armada yang melayani masyarakat pada koridor Isepanjang 18 KM melintasi Pasar Raya hingga Lubuk Buaya BatasKota. Kemudian pihak Trans Padang menambah armadanya sebanyaklima unit, total kendaraan yang beroperasi sebanyak lima belas unit armada. Oleh sebab itu perlu dilakukan kajian perbandingan waktutempuh dan kecepatan perjalanan antara BRT Trans Padang denganMobil Pribadi, agar masyarakat mengetahui efisiensi waktu perjalananapabila menggunakan bus atau mobil pribadi. Penelitian dimulai darpengambilan data primer dengan melakukan survey langsung di atas busdan di atas mobil pribadi, serta mencatat waktu tempuh perjalanan darLubuk Buaya – Imam Bonjol – Lubuk Buaya pada keadaan jam sibukdan tidak sibuk di waktu pagi, siang , dan sore harinya. Dari data surveytersebut kemudian didapatkan hasil waktu tempuh Bus Trans Padangpada jam sibuk pagi, siang, dan sore 1 jam 51 menit 22 detik. Sedangkanpada jam tidak sibuk bus menempuh 1 jam 38 menit 08 detik. Pada mobilpribadi di dapatkan waktu tempuh rata-rata pada jam sibuk 1 jam 20menit 54 detik dan 1 jam 20 menit 08 detik pada jam tidak sibuk. Jadi,terdapat beda waktu 30 menit (37%) pada jam sibuk dan 18 menit(22.5%) pada jam tidak sibuk antara kedua moda ini. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa beda waktu kedua moda tidak terlalusignifikan. Jadi disarankan kepada masyarakat kota Padang agarberpindah ke moda angkutan massal ini, karena selain dapamengurangi kemacetan di kota Padang, bus ini juga nyaman, murah danaman. Kata kunci : bus rapid transit, waktu tempuh, kecepatan perjalanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 11 Jun 2016 04:02
Last Modified: 11 Jun 2016 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item