KARAKTERISTIK SOLITON OPTIK PERSAMAAN SCHRÖDINGER NONLINIER PERTURBATIF

Nando, Saputra (2022) KARAKTERISTIK SOLITON OPTIK PERSAMAAN SCHRÖDINGER NONLINIER PERTURBATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN & SARAN)
BAB 5 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKKA.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (SKRIPSI NANDO SAPUTRA 1610442047)
FULL SKRIPSI NANDO SAPUTRA (1610442047).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persamaan Schrödinger nonlinier (NLS) merupakan model teoritis soliton untuk serat optik nonlinier. Penyelidikan soliton optik dalam serat optik nonlinier melalui model teoritis NLS terus dilakukan, mulai dari peninjauan ulang, analisis fisis, pengembangan model, hingga variasi-variasi metode penyelesaiannya. Pada penelitian ini membahas karakteristik soliton optik temporal berdasarkan persamaan NLS perturbatif dalam serat optik nonlinier. Penyelesaian persamaan NLS dengan penambahan suku perturbasi (gangguan) secara by hand atau yang disebut NLS perturbatif telah selesai dilakukan menggunakan metode analitik penyelesaian langsung (via direct solution method) dan metode numerik split-step Fourier. Hasil solusi analitik yang ditemukan valid sebagai solusi eksak untuk kasus persamaan NLS perturbatif yang ditinjau dan ditemukan juga bahwa perbandingan solusi numerik dan analitik memberikan hasil yang presisi dan akurat (error= 0,1659%). Karakteristik soliton optik temporal ditandai dengan puncak intensitas yang cenderung meluruh/menurun di dalam serat optik nonlinier dan merupakan jenis fiber losses. Terakhir, perturbasi (gangguan) yang diatur dapat menangkal interaksi dua soliton yang berdekatan di dalam serat optik nonlinier pada kasus gangguan rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zulfi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: soliton optik temporal, serat optik nonlinier, NLS perturbatif, direct solution method, split-step Fourier.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:37
Last Modified: 20 Jun 2022 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105752

Actions (login required)

View Item View Item