KAJIAN PEMBERIAN SODIUM HYPOCHLORITE DAN EDIBLE COATING DARI KITOSAN– VCO (VIRGIN COCONUT OIL) DALAM MEMPERTAHANKAN MUTU CABAI MERAH (Capsicum annum, L.)

Licia, Septi Hendri (2022) KAJIAN PEMBERIAN SODIUM HYPOCHLORITE DAN EDIBLE COATING DARI KITOSAN– VCO (VIRGIN COCONUT OIL) DALAM MEMPERTAHANKAN MUTU CABAI MERAH (Capsicum annum, L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK DAN COVER.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Kesimpulan dan saran)
KESIMPULAN DAN SARAN .pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Cabai merah merupakan produk hortikultura tergolong mudah rusak (perishable) sehingga masa simpannya terbatas. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempertahankan kualitas dan mengurangi kerusakan cabai merah yaitu dengan pemberian disinfektan dan pengaplikasian edible coating serta penambahan zat antibakteri pada edible coating cabai merah. Penelitian ini telah dilaksanakan Januari - Mei 2021 di Laboratorium Station In Postharvest Technology, Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, dan Laboratorium Mikrobiologi, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perlakuan sodium hypochlorite dan edible coating kitosan - VCO (Virgin Coconut Oil) dalam mempertahankan mutu cabai merah. Cabai merah yang digunakan sebanyak 18 kg dengan beberapa perlakuan yaitu perlakuan pencelupan sodium hypochlorite 300 ppm selama 1 menit (A1B0), pencelupan sodium hypochlorite 300 ppm selama 1 menit dengan edible coating kitosan 3% selama 5 menit (A1B1), pencelupan sodium hypochlorite 300 ppm selama 1 menit dengan kombinasi edible coating kitosan 3% - VCO (Virgin Coconut Oil) 1,10% selama 5 menit (A1B2), dan kontrol (A0B0) yang masing-masing perlakuan disimpan pada suhu 150C. Berdasarkan hasil penelitian pada perlakuan pencelupan sodium hypochlorite 300 ppm selama 1 menit dengan kombinasi edible coating kitosan 3%- VCO 1,10% selama 5 menit menjadi perlakuan terbaik yang berpengaruh nyata terhadap laju respirasi, susut bobot, tingkat kerusakan, warna, dan analisa total mikroba namun tidak berpengaruh nyata terhadap nilai pH dan Vitamin C. Perlakuan lebih mampu mempertahankan mutu cabai merah lebih lama daripada perlakuan lainnya (27 hari penyimpanan). Kata Kunci: Cabai merah, Sodium Hypochlorite, Edible Coating, Kitosan, VCO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:19
Last Modified: 20 Jun 2022 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105722

Actions (login required)

View Item View Item