Perubahan Kandungan Unsur Hara Utama (N, P, K) dan Unsur Hara Mikro (Fe, Mn, Zn, Cu) Setelah Pencampuran Lapisan Olah dan Lapisan Tapak Bajak Tanah Sawah

Ponco, Aswin (2022) Perubahan Kandungan Unsur Hara Utama (N, P, K) dan Unsur Hara Mikro (Fe, Mn, Zn, Cu) Setelah Pencampuran Lapisan Olah dan Lapisan Tapak Bajak Tanah Sawah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya peningkatan produktifitas lahan sawah di Indonesia masih belum mendapatkan hasil yang positif. Oleh sebab, itu diperlukan usaha lain untuk meningkatkan respon pemupukan dan ketersediaan unsur hara tanah sawah, dengan cara pencampuran lapisan olah dan lapisan tapak bajak tanah sawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kandungan unsur hara utama (N, P, K), unsur hara mikro (Fe, Mn, Zn, Cu) dan perubahan kandungan hara tanah setelah dilakukan pencampuran lapisan olah (LO) dan lapisan tapak bajak (LTB) pada lahan sawah intensif. Penelitian ini dilaksanakanan di Rumah kawat dan Laboratorium Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Percobaan berbentuk Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari pencampuran ( 100 % LO; 75 % LO + 25 % LTB; 50 % LO + 50 % LTB; 25 % LO + 75 % LTB; 100 % LTB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan beberapa kandungan unsur hara utama (N, P, K) maupun hara mikro (Fe, Mn, Zn, Cu) pada setiap perlakuan percobaan. Pada perlakuan E (100% lapisan tapak bajak) menunjukkan peningkatan tertinggi pada nilai P-tersedia (1.36 ppm), peningkatan konsentrasi K-dd sebesar 1.52% dibandingkan dengan perlakuan sebelum percobaan (kontrol).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS. MSc
Uncontrolled Keywords: Lapisan Olah, Lapisan Tapak Bajak, Unsur Hara Makro, Unsur Hara Mikro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:34
Last Modified: 20 Jun 2022 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105719

Actions (login required)

View Item View Item