MANAJEMEN PRIVASI ARTIS PADA JEJARING SOSIAL TWITTER

Ekko, Rizaldo (2014) MANAJEMEN PRIVASI ARTIS PADA JEJARING SOSIAL TWITTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410281114th_skripsi ekko rizaldo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen privasi artis yang dilakukan di jejaring sosial twitter. Karena twitter merupakan jejaring sosial yang bebas dan artis sebagai publik figur mempunyai hal yang harus dibagikan kepada penggemarnya, dan sebagai manusia biasa mereka juga mempunyai privasi yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan pesan yang ditampilkan, bagaimana artis mengontrol informasi yang ditampilkan dan bagaimana artis menjaga privasi mereka di twitter. Peneliti menggunakan teori Communication Privacy Management sebagai landasan teori penelitian ini. Dalam teori CPM terdapat lima asumsi yang menjadi dasar dari pemikiran teori ini yaitu informasi privat, batasan privat, kontrol dan kepemilikan, sistem manajemen berdasarkan aturan, dan dialektika manajemen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dengan tiga orang artis nasional yang sudah terkenal melalui email. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pesan artis pada jejaring sosial Twitter yaitu artis tidak membagikan tweet yang bersifat masalah pribadi mereka, seperti masalah keluarga atau masalah percintaan. Artis hanya membagikan seputar promosi kegiatan mereka dan hobi mereka. Artis juga sering membalas mention dari followers mereka dan membagikan info kegiatan mereka. Artis memiliki kontrol penuh terhadap akun twitter pribadi mereka. Artis cenderung menghindari masalah yang ditimbulkan pihak lain di twitter agar tidak menjadi kontroversi. Batasan privat yang dimiliki artis pada jejaring sosial twitter adalah batasan kolektif. Faktor-faktor seperti motivasi, sotuasional, resiko-keuntungan juga menjadi dasar artis menjaga privasi mereka di twitter. Kata Kunci : Management Privacy, Twitter, Artis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:49
Last Modified: 11 Jun 2016 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item