PERBANDINGAN TINGKAT KEBERHASILAN IB PADA SAPI PO (PERANAKAN ONGOLE) DAN SAPI BRAHMAN DI KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

FIRQI, ERWIN (2014) PERBANDINGAN TINGKAT KEBERHASILAN IB PADA SAPI PO (PERANAKAN ONGOLE) DAN SAPI BRAHMAN DI KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410281056th_lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota mulai tanggal 09 Desember 2013 sampai dengan 09 Januari 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan pada sapi PO dan sapi Brahman tahun 2012. Materi penelitian ini adalah induk sapi PO dan Brahman yang di IB di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun 2012 sebanyak 127 ekor dan 52 ekor dengan menggunakan semen beku yang berasal dari Balai Inseminasi Buatan Tuah Sakato Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pengambilan data secara Purposive Sampling. Data primer diperoleh dari kartu IB yang ada pada Inseminator dan data sekunder diperoleh dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota. Data dianalisis dengan menggunakan analisa Chi-Square (X2) pada sapi PO dan Brahman dengan peubah yang diamati Service Per Conception, Conception Rate dan Calving Rate. Dari penelitian didapatkan nilai Service Per Conception (S/C) pada sapi PO sebesar 1.38, nilai Conception Rate (CR) sebesar 64.57% dan Calaving Rate sebesar 86.61% sedangkan pada sapi Brahman menunjukkan nilai Service Per Conception (S/C) sebesar 1.29, Conception Rate (CR) sebesar 67.31% dan Calving Rate sebesar 73.08% di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil analisis Chi- Square (X2) terhadap Conception Rate dan Calving Rate pada sapi PO dan sapi Brahman memperlihatkan hasil yang tidak berbeda nyata (P>0.05). Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan IB antara sapi PO dan sapi Brahman di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota tergolong sama dan dari analisis statistik diperoleh tidak ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Sapi PO, Sapi Brahman, Inseminasi Buatan (IB), Service per Conception, Conception Rate dan Calving Rate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:48
Last Modified: 11 Jun 2016 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item