Pengaruh Home Care Pharmacy Terhadap Pengetahuan, Kepatuhan, Outcome Klinis dan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi di Puskesmas Meranti Kabupaten Merangin

Winda Lestari, Lestari (2022) Pengaruh Home Care Pharmacy Terhadap Pengetahuan, Kepatuhan, Outcome Klinis dan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi di Puskesmas Meranti Kabupaten Merangin. Masters thesis, World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.

[img] Text (abstrak)
abstrak+cover.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (tesis fulltext)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://www.wjpps.com/Wjpps_controller/abstract_id...

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakt degenerative dengan penggunaan obat jangka panjang. Hal tersebut menyebabkan rendahnya kepatuhan pengobatan pada pasien hipertensi. Pengetahuan dan kepatuhan pengobatan yang rendah menjadi salah satu faktor yang berperan dalam tidak terkontrolnya hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh home care pharmacy terhadap tingkat pengetahuan, kepatuhan, outcome klinik, dan kualitas hidup pasien hipertensi. Rancangan penelitian menggunakan kuasi ekperimental, dengan desain penelitian eqivalent control group design. Bentuk home care pharmacy berupa konseling dengan alat bantu leaflet yang melibatkan pasien hiperten si peserta pusat pembinaan terpadu penykit tidak menular di Puskesmas Meranti yang masuk kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah divalidasi. Dari total 64 responden terbagi menjadi 32 kelompok kontrol dan 32 kelompok intervensi. Setelah dilakukan Intervensi home care pharmacy menunjukan bahwa kelompok intervensi memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada kelompok intervensi menunjukan ada peningkatan pengetahuan pasien 57,95% dengan nilai p=0,000, peningkatan kepatuhan 89,45% dengan nilai p=0,000, penurunan tekanan darah sistolik 35,05 dengan nilai p=0,000, penurunan tekanan darah diastolik 12,96 dengan nilai p=0,000 dan peningkatan kualitas hidup pasien 4,6% dengan nilai p=0,166. Intervensi home care pharmacy berpengaruh signifikan variabel pengetahuan, kepatuhan, outcome klinis pada pasien hipertensi..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:11
Last Modified: 20 Jun 2022 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105677

Actions (login required)

View Item View Item