FENOMENA K-POP DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA FANS SUPER JUNIOR “ELF SUMBAR” DI KOTA PADANG)

Karina, Dian Erica (2014) FENOMENA K-POP DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA FANS SUPER JUNIOR “ELF SUMBAR” DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410281048th_skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai fenomena K-Pop dalam pembentukan identitas diri (studi pada penggemar Super Junior “Elf Sumbar” di kota Padang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terbentuknya identitas diri Elf kota Padang dan mengetahui bentuk identitas diri Elf kota Padang itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi identitas yang dikemukakan oleh Michael Hect. Teori ini menjelaskan bahwa identitas merupakan penghubung utama antara individu dan masyarakat serta komunikasi merupakan mata rantai yang memperbolehkan hubungan ini terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu anggota Elf Sumbar yang aktif di kota Padang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa identitas terbentuk dari proses eksplorasi yang dialami oleh informan yakni keluarga, teman, dan media massa. Serta tahap komitmen dengan memakai atribut Super Junior dan mengikuti informasi mengenai aktivitas Super Junior. Kemudian bentuk-bentuk identitas diri “Elf” didasarkan pada simbol-simbol (gaya berpakaian) yakni dengan memakai pakaian yang menggambarkan diri sebagai seorang Elf dan kata-kata (bahasa dan istilah-istilah) yakni bahasa korea dan istilah-istilah yang hanya dimengerti oleh Elf. Kata Kunci : identitas, proses, bentuk identitas, K-Pop

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:45
Last Modified: 11 Jun 2016 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item