Pengaruh Pemberian Extra Virgin Olive Oil terhadap Kadar Malondialdehyde dan Vascular Endothelial Growth Factor pada Tikus Bunting Hipertensi

Rani, Purwani (2022) Pengaruh Pemberian Extra Virgin Olive Oil terhadap Kadar Malondialdehyde dan Vascular Endothelial Growth Factor pada Tikus Bunting Hipertensi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text
TESIS RANI PURWANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hipertensi dan kehamilan menyebabkan iskemia plasenta yang akan menghasilkan radikal bebas yang bersifat toksik penyebab stress oksidatif, dan meningkatkan kadar Malondialdehyde (MDA). Stress oksidatif juga menyebabkan penurunan kadar Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF). Extra Virgin Olive Oil (EVOO) mengandung antioksidan yang dapat memutus reaksi berantai radikal bebas. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian EVOO terhadap kadar MDA dan VEGF pada tikus bunting hipertensi. Penelitian post test only control goup design dilakukan pada 30 ekor tikus bunting terdiri atas kelompok kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+) dan 3 kelompok perlakuan sebagai model hipertensi (Pl, P2, P3), Model hipertensi diinduksi NaC1 6% pada hari ke-6 sampai hari ke-12 kebuntingan. Seluruh kelompok perlakuan diberi EVOO kecuali K+, dari hari ke-13 sampai hari ke-19. Hari ke-20, seluruh tikus dieksekusi. Pemeriksaan MDA menggunakan spektrofotometer dan VEGF menggunakan ELISA. Data diuji menggunakan uji One Way Anova bermakna secara statistik jika p < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat penurunan rerata kadar MDA secara signifikan setelah pemberian EVOO, khususnya pada kelompok P3 yaitu 1,532 mmol/L (p = 0,000) dan peningkatan rerata kadar VEGF secara signifikan setelah pemberian EVOO, khususnya pada kelompok P3 yaitu 68,892 ng/L (p = 0,000) yang berarti ada pengaruh pemberian EVOO terhadap kadar MDA dan VEGF tikus bunting hipertensi. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian EVOO dapat menurunkan kadar MDA dan meningkatkan kadar VEGF pada tikus bunting hipertensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eti Yerizel, MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : EVOO, MDA, VEGF, Hipertensi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Jun 2022 10:35
Last Modified: 15 Jun 2022 10:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105572

Actions (login required)

View Item View Item