PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK NAGARI Studi Terhadap Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan Emas Nagari Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman

Fauzana, Azmin Nahara (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK NAGARI Studi Terhadap Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan Emas Nagari Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (ISI SKRIPSI LENGKAP)
ISI SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nagari merupakan salah satu tempat potensial bagi perekonomiaan suatu negara. Di sana lah banyak potensi yang bisa dikembangkan, selain itu banyak juga sumber daya alam tersedia di dalamnya. Banyaknya potensi yang dimiliki nagari dapat menambah penghasilan masyarakat nagari, tapi masih banyak masyarakat yang kurang menyadari akan adanya potensi yang dimiliki. Salah satu upaya pemerintah mengatasi masalah ini adalah dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Penelitian ini menggunakan teori Jim Ife, Ife menjelaskan pemberdayaan masyarakat merupakan tahap memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan dan keterampilan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mana data yang diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Nagari berjalan dengan baik melalui tahap-tahap peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi dan memiliki beberapa unit usaha di dalamnya seperti simpan pinjam syari’ah, bank sampah, dan pertanian. Dalam penelitian ini, pengurus BUMNag dan masyarakat dilibatkan aktif di setiap program usaha dan dengan keterlibatan masyarakat ini pemberdayaan masyarakat melalui BUMNag ini dapat memanfaatkan potensi alam dan potensi masyarakat di daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, S.Sos M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:14
Last Modified: 15 Jun 2022 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105425

Actions (login required)

View Item View Item