Pengaruh Pencampuran Tepung Kedelai dan Terigu sebagai Pengisi terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, dan Organoleptik Dendeng Jamur Tiram (Pleurotus sp.)

Andryani, Hanifah (2022) Pengaruh Pencampuran Tepung Kedelai dan Terigu sebagai Pengisi terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, dan Organoleptik Dendeng Jamur Tiram (Pleurotus sp.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover_dan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Skripsi_Hanifah Andryani)
Skripsi Full_Hanifah Andryani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencampuran tepung kedelai dan terigu sebagai tepung pengisi terhadap karakteristik dendeng jamur tiram. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu perlakuan A (tepung terigu 25 g), perlakuan B (tepung terigu 20 g : tepung kedelai 5 g), perlakuan C (tepung terigu 15 g : tepung kedelai 10 g), perlakuan D (tepung terigu 10 g : tepung kedelai 15 g), perlakuan E (tepung terigu 5 g : tepung kedelai 20 g) dan perlakuan F (tepung kedelai 25 g). Data penelitian dianalisis statistika secara ANOVA dan dilanjutkan dengan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencampuran tepung kedelai dan terigu berpengaruh nyata terhadap kekerasan, kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar serat kasar, kadar asam lemak bebas, serta uji organoleptik aroma dan tekstur. Tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap uji organoleptik warna dan rasa. Perlakuan terbaik berdasarkan analisis sifat fisik, kimia, dan penerimaan organoleptik adalah dendeng dengan perlakuan E dengan penambahan tepung terigu 5 g : tepung kedelai 20 g dengan nilai rata-rata sebagai berikut: kekerasan 55,78 N/cm², kadar air 10,45%, kadar abu 3,67%, kadar protein 20,39%, kadar lemak 24,61%, kadar serat kasar 17,42%, kadar asam lemak bebas 0,23%, dan nilai penerimaan organoleptik dengan nilai warna 3,75 (suka), aroma 3,60 (suka), rasa 3,70 (suka), tekstur 3,80 (suka). Kata Kunci: dendeng, jamur tiram, tepung kedelai, terigu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:12
Last Modified: 14 Jun 2022 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105412

Actions (login required)

View Item View Item