PENGARUH PEMANFAATAN ROTI AFKIR SEBAGAI PENGGANTI JAGUNG TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN PADA AYAM KUB-1

YESI, FAULINA (2022) PENGARUH PEMANFAATAN ROTI AFKIR SEBAGAI PENGGANTI JAGUNG TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN PADA AYAM KUB-1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan tepung roti afkir sebagai pengganti jagung dalam ransum terhadap laju pertumbuhan, bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen ayam KUB-1. Penelitian ini menggunakan 120 ekor DOC ayam KUB-1. Pemeliharaan dilakukan selama 10 minggu, dimana perlakuan dimulai pada minggu ke-3. Kandang yang digunakan berbentuk kotak sebanyak 20 kotak. Setiap kotak berisikan 6 ekor ayam KUB-1. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan pemberian tepung roti afkir yaitu P0 (0% dari jagung), P1 (20% dari jagung), P2 (40% dari jagung), dan P3 (60% dari jagung), dan 5 kelompok bobot badan sebagai ulangan. Parameter yang diukur adalah laju pertumbuhan, bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung roti afkir sebagai pengganti jagung dalam ransum sampai 60% memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap laju pertumbuhan, bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen ayam KUB-1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian tepung roti afkir sebagai pengganti jagung sampai level 60% dapat diberikan pada ayam KUB-1 karena tidak memberikan pengaruh negatif terhadap laju pertumbuhan, bobot hidup, persentase karkas, dan persentase lemak abdomen ayam KUB-1. Kata Kunci: Ayam KUB-1, Bobot Hidup, Karkas, Laju Pertumbuhan, Lemak Abdomen, Roti Afkir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:20
Last Modified: 17 Jun 2022 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105404

Actions (login required)

View Item View Item