KURNIA, DWI YOZA (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN STATUS IMUNISASI PADA BAYI DI WILAYAH KERJAPUSKESMAS SITUJUAH LIMO NAGARI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2014. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Skripsi fulltext)
201411051028th_skripsi kurnia dwiyoza-1010321004.compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Imunisasi dapat melindungi anak dari suatu penyakit tertentu yaitu TBC, tetanus, difteria, polio, campak dan hepatitis B. Namun masih banyak anak yang tidak mendapatkan imunisasi yang mereka butuhkan untuk tetep sehat. Hampir sepertiga kematian anak yang dapat dicegah dengan imunisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan dan sikap ibu dengan status imunisasi pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan design cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai bayi di Nagari Situjuah Batua, menggunakan teknik random samplingdengan jumlah sampel 81 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square. Penelitian dilakukan selama satu minggu dari tanggal 22 September-28 September 2014. Hasil penelitian ini yaitu ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan status imunisasi pada bayi (nilai p=0,026), dan ada hubungan antara sikap ibu dengan status imunisasi pada bayi (nilai p = 0,028). Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan promosi kesehatan tentang imunisasi kepada ibu yang mempunyai bayi agar ibu bisa mengetahui dan bersikap positif dalam memberikan imunisasi kepada bayinya. Kata kunci: imunisasi, ibu, pengetahuan, sikap Daftar pustaka : 31 (2002-2013)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Mr Fajrun RB |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 03:21 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 03:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10538 |
Actions (login required)
View Item |