PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH MUQAYYADAH OFF BALANCE SHEET PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEMBANTU BANDAR BUAT

IRA, FERRY RIVAI (2015) PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH MUQAYYADAH OFF BALANCE SHEET PADA PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEMBANTU BANDAR BUAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULLTEXT)
201506041049th_tugas akhir.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bandar Buat, Bank yang menerapkan prinsip syariah dan berperan sebagai intermediary antara pemilik dana (shahibul maal) dan pemilik usaha (mudharib) maka perlu disediakan produk pembiayaan dan investasi yang fleksibel. Fleksibilitas dimaksud adalah menyesuaikan kepada karakteristik/jenis usaha yang akan dibiayai dengan tingkat penerimaan risk and return profile pemilik dana secara khusus. Disamping itu Investor diberikan keleluasaan untuk melakukan investasi langsung kepada jenis usaha yang diminati tersebut. Berdasarkan hal tersebut salah satu produk yang dapat dikembangkan adalah produk pembiayaan dengan skemaMudharabah Muqayyadah Off Balance Sheet. Skema Mudharabah Muqayyadah Off Balance Sheet yang dipakai pada produk pembiayaan ini secara umum dimaksudkan untuk diversifikasi dan optimalisasi eksisting produk pembiayaan BSM yang berprinsip mudharabah. 4 Produk ini dapat meminimalkan risiko pembiayaan yang akan ditanggung oleh Bank, karena bersifat off balance sheet dan Bank hanya bertindak sebagai agent/arranger (channeling agent) sehingga tidak menanggung secara langsung risiko atas pembiayaan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 11 Jun 2016 03:00
Last Modified: 11 Jun 2016 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10533

Actions (login required)

View Item View Item