Pengaruh beberapa Varietas Jagung (Zea mays L.) terhadap Lama Perkembangan Spodoptera frugiperda (Lepidoptera: Noctuidae)

Yelsi, Dwi Putri (2022) Pengaruh beberapa Varietas Jagung (Zea mays L.) terhadap Lama Perkembangan Spodoptera frugiperda (Lepidoptera: Noctuidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Bab V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spodoptera frugiperda merupakan hama utama yang menyerang semua varietas tanaman jagung dan dapat mengganggu produktivitas tanaman jagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama perkembangan Spodoptera frugiperda pada berbagai varietas tanaman jagung. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bioekologi Serangga, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang dari bulan Maret sampai Juni 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari lima varietas tanaman jagung, varietas Sukmaraga, NK-212, Pioneer 21, Bonanza F1, dan Secada F1. Larva S. frugiperda diperoleh dari lahan jagung di daerah Kecamatan Pauh dan pakan yang digunakan adalah daun jagung yang berumur 3-4 minggu. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan sidik ragam atau Analisis of Variance (ANOVA), dan hasil yang berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji LSD taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stadia larva dan pupa S. frugiperda pada varietas Sukmaraga memiliki waktu perkembangan lebih lama dibandingkan dengan keempat varietas lainnya, yaitu stadia larva 20,38 hari dan pupa 11,26 hari. Berat pupa yang terendah terdapat pada varietas Sukmaraga 0,11 g dibandingkan keempat varietas lainnya. Kelima varietas tidak mempengaruhi lama hidup imago, perkembangan telur, dan jumlah telur yang dihasilkan oleh S. frugiperda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novri Nelly, M.P
Uncontrolled Keywords: Spodoptera frugiperda, varietas jagung, perkembangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:55
Last Modified: 10 Jun 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105268

Actions (login required)

View Item View Item