PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT DAN PAPARAN SINAR UV-C TERHADAP KUALITAS BENGKUANG (Pachyrhizus erosus.) TEROLAH MINIMAL

Widya, Martha (2022) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT DAN PAPARAN SINAR UV-C TERHADAP KUALITAS BENGKUANG (Pachyrhizus erosus.) TEROLAH MINIMAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstak.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
bab 5.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi full text)
widya martha 1611112016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT DAN PAPARAN SINAR UV-C TERHADAP KUALITAS BENGKUANG (Pachyrhizus erosus) TEROLAH MINIMAL Widya Martha, Khandra Fahmy, Ifmalinda ABSTRAK Bengkuang merupakan umbi-umbian yang banyak digemari dan biasanya dikonsumsi segar dan dibuat olahan seperti rujak. Bengkuang segar yang dikonsumsi dalam bentuk terolah minimal menjadi daya saing yang kuat dipasaran pada saat sekarang ini. Pengolahan minimal atau fresh-cut merupakan pengolahan buah atau sayur yang melibatkan pencucian, pengupasan, dan pengirisan sebelum dikemas tanpa menghilangkan kesegaran dan nilai gizinya. Kelebihan dari produk yang terolah minimal akan memudahkan dalam penyajian, memungkinkan konsumen melihat kondisi dalam produk sehingga menawarkan mutu yang lebih terjamin. Akan tetapi buah yang terolah minimal rentan terhadap kerusakan, kerusakan tersebut berupa kerusakan mutu yang disebabkan oleh perlakuan pengupasan dan pemotongan. Perlakuan tambahan pada produk dapat mengatasi masalah yang timbul dengan mempertahankan kualitas dan memperpanjang masa simpannya.Salah satu cara untuk mempertahankan mutu suatu produk pertanian yaitu dengan pemberian asam sitrat dan sinar UV-C.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penambahan asam sitrat dan paparan sinar UV-C terhadap kualitas bengkuang (Pachyrhizus erosus) terolah minimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan tiga ulangan dengan beberapa perlakuan yaitu perlakuan penambahan asam sitrat 0,5% (PA), pemaparan UV-C 1,2 kJ/m2 (PB), penambahan asam sitrat 0,5%+UV-C 1,2 kJ/m2 (PC) dan kontrol (C). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan terbaik dalam penelitian ini yaitu perlakuan asam sitrat 0,5%+UV-C 1,2 kJ/m2 karena dapat menekan laju respirasi, susut bobot, uji visual, kekerasan, kadar air, analisis total mikroba.Bengkuang kontrol yang disimpan pada suhu 50C memiliki umur simpan 6 hari sedangkan dengan perlakuan dapat memperpanjang hingga 8 hari. Kata Kunci: bengkuang, terolah minimal,asam sitrat, UV-C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:36
Last Modified: 10 Jun 2022 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105255

Actions (login required)

View Item View Item