PENGARUH PARAMETER PROSES DAN KOMPOSISI CAMPURAN POLYESTER DENGAN VINYLESTER TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN PERMUKAAN SETELAH DIFRAIS

Ahmad, Dzaki Yuddin (2022) PENGARUH PARAMETER PROSES DAN KOMPOSISI CAMPURAN POLYESTER DENGAN VINYLESTER TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN PERMUKAAN SETELAH DIFRAIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Polimer pada saat sekarang banyak digunakan sebagai material pengganti logam, karena memiliki beberapa karakteristik yang lebih baik, seperti lebih ringan, lebih tahan korosi, dan lebih mudah dibentuk. Produk dengan kualitas yang bagus ditentukan oleh keutuhan permukaan produk yang dihasilkan, salah satunya adalah perubahan kekerasan permukaan yang tidak signifikan. Parameter pemesinan sangat mempengaruhi perubahan kekerasan permukaan suatu produk. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah proses milling dengan menggunakan Universal Milling Machine, dan jenis pahat yang digunakan adalah pahat HSS. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan putaran spindle, kecepatan makan, kedalaman potong, dan komposisi campuran Polyester-Vinylester Blend (PVB). Hasil pemotongan pada permukaan benda kerja dilakukan pengujian kekerasan menggunakan alat uji keras Vickers. Hasil dari penelitian didapatkan parameter yang optimum adalah pada putaran spindle 400 rpm, kecepatan makan 88 mm/rev, kedalaman potong 0.1 mm, dan komposisi campuran 60% polyester untuk material dominan polyester, sedangkan pada material dominan vinylester adalah putaran spindel 283 rpm, kecepatan makan 88 mm/rev, kedalaman potong 0.15 mm, dan komposisi campuran 60% vinylester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Adam Malik, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Polimer, PVB, Milling, Kekerasan Permukaan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:41
Last Modified: 10 Jun 2022 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105231

Actions (login required)

View Item View Item