EFEK PEMBERIAN ANTIBIOTIKA TERHADAP KOLONISASI BAKTERI PATOGEN SALURAN NAPAS BAWAH, FUNGSI PARU DAN SKALA SESAK NAPAS PADA PPOK STABIL

INDRIA, MYRCIA (2014) EFEK PEMBERIAN ANTIBIOTIKA TERHADAP KOLONISASI BAKTERI PATOGEN SALURAN NAPAS BAWAH, FUNGSI PARU DAN SKALA SESAK NAPAS PADA PPOK STABIL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201410280942th_tesis oke pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pada keadaan normal saluran napas bagian bawah adalah steril. Terdapatnya bakteri potensial patogen dalam saluran napas bawah pada PPOK stabil merupakan suatu kolonisasi kuman. Pemberian antibiotika mempengaruhi kolonisasi dan mencegah ekasesrbasi. Metodologi: Penelitian dilakukan secara cross sectional study. Subjek adalah pasien PPOK stabil berdasarkan GOLD 2013, yang ditemukan bakteri potensial patogen pada sputum pasien di Poliklinik Paru RS. Dr. M. Djamil Padang dan Balai Pengobatan Penyakit Paru (BP4) Lubuk Alung Padang Pariaman. Subjek dilakukan pemeriksaan fungsi paru (spirometri) dan kultur resistensi sputum serta kultur sputum sebelum dan sesudah antibiotika. Analisis statistik dilakukan untuk menguji bermakna atau tidak pemberian antibiotika terhadap kolonisasi bakteri potensial patogen pada PPOK stabil. Hasil: Dari 22 pasien PPOK stabil, semuanya laki-laki, bekas perokok dan penyakit komorbid hipertensi. Umur termuda 56 tahun dan tertua 83 tahun dengan rerata 67,9 ± 6,6. Berdasarkan derajat PPOK, tidak didapatkan derajat ringan, derajat sedang ada 31,5%, derajat berat ada 50% dan derajat sangat berat ada 18% dan sesak napas diukur dengan skala Modified Medical Research Council (MMRC). Didapatkan MMRC 2 sebanyak 36,4%, MMRC 3 sebanyak 63,6%. Bakteri potensial patogen yang terbanyak adalah Ps.aeruginosa (45,45%) dan Ciproflokxasin merupakan antibiotika yang paling sensitif. Tidak terdapat perubahan fungsi paru dan skala sesak napas sebelum dan setelah pemberian antibiotika. Terdapat penurunan kolonisasi bakteri setelah pemberian antibiotika dengan uji statistik p<0,05. Kesimpulan: Pemberian antibiotika yang sensitif menurunkan kolonisasi bakteri tapi tidak mempengaruhi fungsi paru dan skala sesak napas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RF Otorhinolaryngology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 11 Jun 2016 02:32
Last Modified: 11 Jun 2016 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item