GAMBARAN TINGKAT PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TENTANG INTERPROFESSIONAL COLLABORATION (IPC) PADA LAYANAN ANTE NATAL CARE (ANC) DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA

Miftahul, Fikrah (2022) GAMBARAN TINGKAT PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TENTANG INTERPROFESSIONAL COLLABORATION (IPC) PADA LAYANAN ANTE NATAL CARE (ANC) DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (732kB)
[img] Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) yang meningkat dapat diturunkan melalui berbagai upaya salah satunya dengan Antenatal Care (ANC) yang berkualitas. Layanan ANC yang berkualitas dapat diberikan oleh beberapa tenaga kesehatan yang saling bekerja sama dalam memberikan pelayanan kepada pasien melalui Interprofessional Collaboration (IPC). IPC atau kolaborasi interprofesi dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat persepsi tenaga kesehatan tentang IPC pada layanan ANC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian adalah 30 orang tenaga kesehatan yang ditentukan dengan metode total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner Collaborative Practice Assessment Tools (CPAT). Hasil penelitian didapatkan bahwa semua tenaga kesehatan (100%) memiliki persepsi yang tinggi tentang IPC pada layanan ANC dengan komponen hubungan antar anggota, koordinasi dan pembagian peran, serta misi, tujuan, dan sasaran memiliki persentase tertinggi (100%) dan komponen pembuatan keputusan dan manajemen konflik memiliki persentase terendah (10%). Semua profesi kesehatan yang terdiri dari dokter umum, bidan, perawat, dokter gigi, apoteker, nutrisionis, dan ATLM memiliki persepsi yang tinggi (100%) tentang IPC pada layanan ANC. Profesi dokter gigi memiliki persepsi yang tinggi pada kedelapan komponen, sedangkan profesi yang lain memiliki persepsi tinggi pada tujuh komponen persepsi dan memiliki persepsi sedang pada satu komponen persepsi yakni komponen pembuatan keputusan dan manajemen konflik. Secara umum tenaga kesehatan memiliki persepsi yang tinggi tentang IPC pada layanan ANC, tetapi masih terdapat persepsi sedang pada satu komponen persepsi sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi IPC pada komponen tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Laila Isrona, M.Sc
Uncontrolled Keywords: AKI, ANC, interprofessional collaboration, kolaborasi, tingkat persepsi tenaga kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:18
Last Modified: 08 Jun 2022 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105201

Actions (login required)

View Item View Item