ANALISIS PROGRAM BERTANI UNTUK NEGERI (BUN) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PETERNAK MITRA PT. CIOMAS ADISATWA DI UNIT KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR

Aleks, aleksunand@gmail.com (2022) ANALISIS PROGRAM BERTANI UNTUK NEGERI (BUN) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PETERNAK MITRA PT. CIOMAS ADISATWA DI UNIT KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI ALEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan perilaku (kognitif, afektif dan psikomotor) peternak mitra PT. Ciomas Adisatwa. Tergabung dalam dampingan program bertani untuk negeri di unit Kediri Provinsi Jawa Timur. Menggunakan metode survey yang melibatkan 17 orang responden peternak dampingan program BUN. Pengambilan responden menggunakan metode sensus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang di olah menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah dilakukan pendampingan dengan kegiatan proyek produktivitas dan farmer field school/sekolah lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aspek kognitif peternak sebelum program BUN dengan nilai rata-rata 69,80 kategori baik dan setelah program BUN dengan nilai rata-rata 87,84 kategori sangat baik dengan peningkatan 18,04. Aspek afektif peternak sebelum program BUN dengan nilai rata-rata 70,82 kategori baik dan setelah program BUN dengan nilai rata-rata 87,76 kategori sangat baik dengan peningkatan 16,94. Aspek psikomotor peternak sebelum program BUN dengan nilai rata-rata 75,06 kategori baik dan setelah program BUN dengan nilai rata-rata 87,29 kategori sangat baik dengan peningkatan 12,24. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terjadinya peningkatan perilaku peternak, setelah dilakukan pendampingan program bertani untuk negeri. Nilai rata-rata perilaku peternak sebelum BUN 73,92 dengan kategori baik dan setelah BUN 89,15 kategori sangat baik dengan peningkatan penilaian 15,74. Kata Kunci: Perilaku, Program Bertani Untuk Negeri, Peternak, Farmer Developmen Associate, Proyek Produktivitas, Sekolah Lapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:20
Last Modified: 08 Jun 2022 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105193

Actions (login required)

View Item View Item