KOMPETISI DAN DAYA PREDASI JOINT PREDATOR (Pardosa Pseudoannulata dan Phidippus sp.) PADA KEPADATAN Nilaparvata lugens Stal YANG BERBEDA

Herly, Wulandari (2022) KOMPETISI DAN DAYA PREDASI JOINT PREDATOR (Pardosa Pseudoannulata dan Phidippus sp.) PADA KEPADATAN Nilaparvata lugens Stal YANG BERBEDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pardosa Pseudoannulata dan Phidippus sp. merupakan musuh alami wereng batang coklat (Nilaparvata lugens Stal) yang banyak terdapat pada areal persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetisi dan daya predasi joint predator P. pseudoannulata dan Phidippus sp. pada kepadatan WBC yang berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari kepadatan Wereng Batang Coklat atau WBC yang berbeda yaitu 0, 20, 40, 60, 80, dan 100 ekor WBC. WBC yang digunakan pada penelitian ini adalah nimfa instar 2-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepadatan WBC yang berbeda berpengaruh terhadap daya predasi joint predator P. pseudoannulata dan Phidippus sp. Kompetisi dominan dimenangkan oleh P. pseudoannulata dan juga mampu bertahan tanpa adanya mangsa. Terjadinya peristiwa pemangsaan antara P. pseudoannulata dengan Phidippus sp. atau Intraguild predation. Kepadatan WBC yang berbeda pada perlakuan 20 merupakan perlakuan yang aman karena tidak menyebabkan mortalitas pada kedua predator dan mampu menekan populasi WBC yang tinggi yaitu mencapai 82%. Kepadatan WBC yang berbeda tidak mempengaruhi berat tubuh P. psedoannulata dan Phidippus sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti, MS
Uncontrolled Keywords: Tanaman padi, Kanibalisme, Intraguild predation, Musuh alami.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:47
Last Modified: 08 Jun 2022 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105186

Actions (login required)

View Item View Item