ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

SHELVI, NURUL AULIA (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201506121257th_burning.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Laporan keuangan tahunan dapat dipandang sebagai upaya untuk mengurangi asimetri informasi antara manajemen dan pemilik. Sebagai pihak yang tidak mengikuti operasi perusahaan sehari-hari, pemilik mengingingkan pengungkapan informasi yang seluas-luasnya. Di pihak lain, ada dorongan bagi manajemen untuk selektif dalam melakukan pengungkapan informasi, karena pengungkapan informasi mengandung biaya. Manajemen hanya akan mengungkap informasi jika manfaat yang diperoleh dari pengungkapan melebihi biaya pengungkapan informasi tersebut. Struktur kepemilikan perusahaan mempengaruhi luas pengungkapan dalam laporan keuangan tahunan, ditinjau dari besarnya kepemilikan masyarakat lain (publik) dibanding kepemilikan oelh pihak-pihak lain. Semakin besar persentase kepemilikan saham publik, semakin besar pihak yang membutuhkan informasi tentang perusahaan, sehingga semakin banyak pula butir-butir informasi yang dituntut untuk diungkap dalam laporan keuangan. Namun dalam penelitiannya, Marwata dalam Christanty (2004) menyimpulkan bahwa struktur kepemilikan saham publik tidak berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 11 Jun 2016 02:16
Last Modified: 11 Jun 2016 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item View Item