PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS DALAM PEMBERDAYAAN PETANI ( Studi Kasus : Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Prima Tani, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.)

VIONA, ANNICHA (2015) PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS DALAM PEMBERDAYAAN PETANI ( Studi Kasus : Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Prima Tani, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511040946th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran lembaga keuangan mikro agribisnis (LKMA) bagi petani. LKMA Prima Tani merupakan LKMA pertama yang berdiri di Sumatera Barat yaitu di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. LKMA ini didirikan atas dasar permasalahan yang dihadapi masyarakat Baso, khususnya masalah modal untuk melakukan sebuah usaha. Dengan permasalahan modal tersebut muncullah ide oleh para kelompok tani untuk mendirikan sebuah LKMA yang diberi nama LKMA Prima Tani. Perangkat dan anggota LKMA ini adalah petani itu sendiri, dan tujuannya untuk memberdayakan petani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Pemilihan informan secara purposive sampling maksudnya menentukan informan dengan sengaja oleh peneliti berdasarkan pertimbangan-pertimbangan atau karakteristik tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Teori dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural Tallcot Parsons. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran lembaga keuangan mikro agribisnis (LKMA) Prima Tani ini adalah memberikan modal usaha, sebagai tempat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dan bibit unggul, memberikan pelatihan-pelatihan untuk para petani, bagaimana cara bercocok tanam yang baik. Dan memberikan pengawasan dan pengontrolan pengembalian pinjaman anggota. Manfaat dari LKMA Prima Tani yaitu LKMA Prima Tani memberikan manfaat untuk para petani, seperti manfaat ekonomi, manfaat sosial dan manfaat pengetahuan. Dengan dana yang disediakan oleh pihak LKMA Prima Tani permasalahan permodalan yang dihadapi oleh masyarakat bisa teratasi. Kata Kunci: Peran Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 18 Jun 2016 07:26
Last Modified: 18 Jun 2016 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item