PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN KEHALALAN VAKSIN COVID-19 DI MEDIA MASSA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PEDAGANG PUSAT PERBELANJAAN PASA ATEH BUKITTINGGI PADA VAKSINASI DENGAN FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR SOSIAL SEBAGAI VARIABEL KONTROL

Sari, Andriani (2022) PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN KEHALALAN VAKSIN COVID-19 DI MEDIA MASSA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PEDAGANG PUSAT PERBELANJAAN PASA ATEH BUKITTINGGI PADA VAKSINASI DENGAN FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR SOSIAL SEBAGAI VARIABEL KONTROL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover & Abstrak123.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kehalalan vaksin Covid-19 merupakan isu penting di Indonesia, karena mayoritas penduduknya beragama Islam dan ini dapat memengaruhi keberhasilan program vaksinasi. Syarat penggunaan vaksin di Indonesia harus memenuhi aspek safety, khasiat, mutu, serta halal. Sebelum dapat diedarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat vaksin tersebut harus mendapatkan izin dari BPOM-MUI. Penelitian ini berjudul Pengaruh Terpaan Pemberitaan Kehalalan Vaksin Covid-19 di Media Massa terhadap Tingkat Kepercayaan Pedagang Pusat Perbelanjaan Pasa Ateh Bukittinggi pada Vaksinasi dengan Faktor Individu dan Faktor Sosial sebagai Variabel Kontrol. Peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan. Penelitian ini menganalisa terpaan pemberitaan melalui indikator atensi, durasi, dan intensitas. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan memanfaatkan software SPSS dalam pengolahan datanya. Peneliti menggunakan teori efek moderat untuk melihat bagaimana pengaruh terpaan pemberitaan kehalalan vaksin Covid-19 di media massa terhadap tingkat kepercayaan pedagang pusat perbelanjaan Pasa Ateh Bukittinggi pada vaksinasi dengan faktor individu dan faktor sosial sebagai variabel kontrol. Di dalam teori ini terjadinya pengaruh tetapi tidak terlalu besar. Hasil dari analisis data menunjukkan, terpaan pemberitaan kehalalan vaksin Covid-19 di media massa memengaruhi tingkat kepercayaan pedagang pusat perbelanjaan Pasa Ateh Bukittinggi pada vaksinasi hanya 20%. Dengan kata lain sebesar 80% sisanya tingkat kepercayaan pedagang pusat perbelanjaan Pasa Ateh Bukittinggi pada vaksinasi ditentukan oleh faktor lain di luar terpaan pemberitaan. Faktor tersebut yaitu faktor individu dan faktor sosial. Faktor- faktor tersebut menyumbang sebesar 18,9% dalam penelitian ini, sehingga terdapat 61,1% faktor lain yang tidak disebutkan dan tidak diujikan pada penelitian ini. Besarnya hubungan terpaan pemberitaan kehalalan vaksin Covid-19 di media massa terhadap tingkat kepercayaan pedagang pusat perbelanjaan Pasa Ateh Bukittinggi pada vaksinasi yaitu sebesar 0,458. Hubungan tersebut termasuk dalam kategori hubungan yang cukup atau sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Kehalalan Vaksin Covid-19, Terpaan Pemberitaan, Tingkat Kepercayaan, Vaksinasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:07
Last Modified: 02 Jun 2022 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104976

Actions (login required)

View Item View Item