Desain Sistem Informasi Produksi dan Pemasaran Madu Hutan (Apis dorsata) di Nagari Latang Kabupaten Sijunjung Berbasis Website

Juni, Asrita (2021) Desain Sistem Informasi Produksi dan Pemasaran Madu Hutan (Apis dorsata) di Nagari Latang Kabupaten Sijunjung Berbasis Website. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
Text (Bab 1).pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
Text (Bab Akhir).pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Text ( Skripsi utuh).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Madu lebah hutan (Apis dorsata) merupakan salah satu jenis lebah asli di Indonesia yang paling tinggi produktivitasnya. Salah satu sentra produksi penghasil madu lebah hutan (Apis dorsata) berada di Nagari Latang, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung. Usaha madu dikelola oleh kelompok tani yang telah dijalankan mulai pada tahun 2015 hingga saat ini. Permasalahan yang dihadapi usaha madu yaitu produksi menurun karena sangat ketergantungan dengan ketersediaan pakan lebah yang tersedia di alam. Tujuan penelitian adalah merancang sistem informasi produksi dan pemasaran madu berbasis website serta memetakan aktivitas bisnis yang dilakukan usaha madu. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan penelitian langsung dan wawancara, sedangkan data sekunder sebagai informasi pendukung analisis penelitian dan menggunakan pengembangan sistem metode waterfall. Sedangkan untuk melengkapi metode dilakukan analisis kelayakan usaha. Hasil penelitian menunjukkan identifikasi bisnis bahwa segmen pelanggan usaha madu termasuk kedalam mass market. Biaya Pokok mesin pengurangan kadar air madu sebesar Rp 255.88/kg, Break Event Point (BEP) 83,49 kg/tahun. Total Penerimaan usaha sebesar Rp 76.000.000 per tahun, pendapatan bersih sebesar Rp 46.000.000 per tahun. Berdasarkan perhitungan kelayakan usaha (B/C) Ratio yaitu perbandingan antara penerimaan total dengan biaya total diperoleh nilai (B/C) Ratio 1,53 atau 1,53 > 1. Maka dapat disimpulkan usaha madu lebah hutan sialang sijunjung layak untuk dijalankan. Telah dihasilkan sebuah desain sistem informasi menggunakan wordpress yang dapat diakses pada alamat url madusialangsijunjung.com. yang diharapkan memudahkan pengembangan jaringan aktivitas jual beli secara online. Kata kunci : sistem informasi, produksi,website, madu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 27 May 2022 08:55
Last Modified: 27 May 2022 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104851

Actions (login required)

View Item View Item