KEMAMPUAN FILTRAT Trichoderma harzianum PADA BEBERAPA WAKTU INKUBASI YANG BERBEDA DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN Fusarium oxysporum f. sp lycopsici PADA TANAMAN TOMAT

FADILAH, NAILATUL (2021) KEMAMPUAN FILTRAT Trichoderma harzianum PADA BEBERAPA WAKTU INKUBASI YANG BERBEDA DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN Fusarium oxysporum f. sp lycopsici PADA TANAMAN TOMAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fusarium oxysporum f .sp. lycopersici (Fol) merupakan salah satu penyebab penyakit pada tanaman tomat. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa filtrat Trichoderma harzianum mampu menekan berbagai jamur patogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan filtrat T. harzianumdengan waktu inkubasi yang efektif dalam menekan pertumbuhanFusarium oxysporum f. sp.lycopersici pada tanaman tomat(Lycopersicum esculentum Mill). Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi dan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas sejak bulan Januari 2021 sampai Maret 2021. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari (A). Kontrol (tanpa filtrat), (B) filrat T. harzianum waktu inkubasi 5 hari, (C).10 hari, (D).15 hari, (E).fungisida mankozeb. Parameter pengamatan adalah (1). Persentase benih yang terinfeksi Fol pada medium PDA, (2). Jumlah Benih Berkecambah, (3). Persentase benih muncul lapang, (4). Persentase bibit yang terinfeksi di medium tanah dan pupuk kandang, (5). Persentase bibit mati, (6). Tinggi bibit, (7). Jumlah daun bibit, (8). Berat basah dan berat kering bibit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filtrat T. harzianum efektif menekan pertumbuhan dan perkembangan jamurFoldengan waktu inkubasi yang efektif adalah waktu inkubasi filtrat T.harzianum 10 hari dengan efektivitas penekananya terhadap bibit terinfeksi Fol di medium PDA (95,20%), benih berkecambah (72,30%) dan bibit terinfeksi Fol di medium tanah dan pupuk kandang (78,50%). Kata kunci: filtrat, Trichoderma harzianum, Fusarium oxysporum f. sp.lycopersici.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 May 2022 04:17
Last Modified: 27 May 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104832

Actions (login required)

View Item View Item