APLIKASI SONIC BLOOM (MUSIK MINANG DAN DANGDUT) UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.)

arvin, lingga yuditia (2022) APLIKASI SONIC BLOOM (MUSIK MINANG DAN DANGDUT) UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover pix.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan)
bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 kesimpulan)
bab 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi full pix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sawi hijau adalah salah satu komoditas hortikultura yang cukup memiliki banyak peminatnya. Tingginya peminat akan sayuran ini membuat tidak sebanding dengan produksi sawi tersebut. Sonic Bloom adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan gelombang suara atau musik berfrekuensi tinggi untuk meningkatkan produktifitas tanaman tanpa merusak lingkungan sekitar. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengamati pengaruh pemaparan musik dan lama pemaparan musik minang dan dangdut terhadap pertumbuhan dan produktivitas dari sawi hijau. Penelitian ini dimanfaatkan untuk mengetahui pengaruh musik minang dan dangdut dengan memanfaatkan teknologi Sonic Bloom terhadap pertumbuhan tanaman sawi dan mengetahui apakah Sonic Bloom mempengaruhi pertumbuhan tanaman sawi tersebut. Penelitian yang dilakukan dengan metode eksperimen, serta menggunakan ANOVA faktorial dengan perlakuan frekuensi 3500Hz dan jenis musik yang diberikan (minang dan dangdut) dengan lama pemaparan (20 menit, 40 menit dan 60 menit). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh terhadap pemberian perlakuan musik terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun dan lebar daun. Pengaruh perlakuan musik dan lama pemaparan terhadap kualitas dan produktivitas tanaman sawi paling efektif dari penelitian ini yaitu pada musik dangdut dengan lama pemaparan yang 20 menit Kata kunci – sonic bloom, sawi hijau, musik minang, musik dangdut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 27 May 2022 07:38
Last Modified: 27 May 2022 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104796

Actions (login required)

View Item View Item