TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENERAPAN PETANI DALAM PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADI SAWAH DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Ichsan, Adi Tarma (2022) TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENERAPAN PETANI DALAM PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADI SAWAH DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universias Andalas.

[img]
Preview
Text (Caver & Abstrak)
Caver & Abstrak.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pengelolaan tanaman terpadu (PTT) padi sawah di Kecamatan Pulau Pujung, (2) mengetahui tingkat pengetahuan dan penerapan dalam PTT padi sawah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dengan 30 orang responden yang diambil secara acak. Data dianaisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan PTT padi sawah di Kecamatan Pulau Punjung menggunakan varietas unggul mikongga, melakukan pola tanam dengan jajar legowo 4 : 1, pemberian pupuk 2 kali dalam satu musim tanam, masih menggunakan pestisida, pemupukan organik berupa pupuk kandang, pengolahan tanah dilakuakan menggunkan mesin bajak, penanaman dilakukan dengan rentan waktu 12 – 18 hari, petani menanam bibit 1- 3 perlubang, melakukan pengairan berselang, melakukan penyiangan dengan landak, melakukan panen tepat waktu; tingkat pengetahuan yang dimiliki petani terhadap PTT termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 3,16, tingkat penerapan petani dalam PTT juga kategori sedang 2,96 serta alasan petani menerapkan pengelolaan tanaman terpadu kategori mudah untuk dilakukan petani dengan persentase 3,10. Diharapkan kepada petani agar mampu meningkatkan pengetahuan dan penerapkan semua elemen PTT untuk peningkatan produksi padi sawah, juga meminimalisir penggunaan pestisida.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Nofialdi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Tanaman Terpadu, Pengetahuan Petani, Penerapan Usahatani.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 24 May 2022 02:42
Last Modified: 24 May 2022 02:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104722

Actions (login required)

View Item View Item