PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PERJANJIAN KREDIT TANPA JAMINAN ANTARA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DENGAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN (UPK) LENGGOGENI DI KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR

Muhammad Aulia, Hakim (2022) PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PERJANJIAN KREDIT TANPA JAMINAN ANTARA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DENGAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN (UPK) LENGGOGENI DI KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Unit Pengelola Kegiatan (UPK Lenggogeni Sungai Tarab) merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatan pemberdayaan dilakukan suatu kegiatan dana bergulir. Dana bergulir ditujukan kepada Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (Kelompok SPP). Dalam kegiatan dana bergulir UPK melakukan Perjanjian Kredit Tanpa Jaminan dengan Kelompok SPP untuk memberikan bantuan modal. Namun, dalam pelaksanaannya terjadi Kredit Macet dalam kegiatan dana bergulir tersebut. Dengan demikian, maka dirumuskan beberapa permasalahan: Bagaimana Penyelesaian kredit macet dalam suatu perjanjian kredit tanpa jaminan antara UPK Lenggogeni Sungai Tarab dengan Kelompok SPP dan Apa saja kendala yang dihadapi oleh UPK dalam pelaksanaan penyelesaian kredit macet dalam suatu perjanjian tanpa jaminan dengan kelompok SPP di kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Empiris dan menggunakan sifat penelitian yang deskriptif analitis. Dalam perjanjian kredit sering terjadinya kredit macet, dan yang mana perjanjian kredit tidak disertai dengan jaminan. Maka dari itu, upaya yang dilakukan UPK Lenggogeni untuk menyelesaikan kredit macet dalam suatu perjanjian kredit tanpa jaminan dengan Kelompok SPP yaitu dengan mengadakan perjanjian Tanggung Renteng yang sebagaimana diatur dalam Pasal 1278 KUHPerdata. Selanjutnya, upaya dalam penyelesaian dapat berupa upaya hukum preventif dan upaya hukum represif. Kendala yang dihadapi yaitu ada beberapa kendala seperti Kelompok SPP yang membubarkan diri tanpa sepengetahuan UPK Lenggogeni Sungai Tarab, kurangnya langkah pengawasan terhadap Kelompok SPP oleh UPK Lenggogeni, bermasalah dalam pembayaran pengembalian pinjaman terhadap UPK yang berpindah domisili. Kata Kunci : UPK, Kredit Macet, Tanggung Renteng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dahlil Marjon, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 May 2022 04:38
Last Modified: 20 May 2022 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104537

Actions (login required)

View Item View Item