STUDI PERENCANAAN SISI UDARA BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU

IFFAN, AL HAFIZ (2015) STUDI PERENCANAAN SISI UDARA BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201510251414th_skripsi den.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dengan adanya ASEAN Open Sky dan Low Cost Carrier, maka akan diramalkan jumlah penumpang maskapai penerbangan akan meningkat beberapa kali lipat. Dari tingginya demand angkutan udara tersebut maka yang dituntut untuk memenuhi fasilitas bukan hanya dari pihak maskapai sebagai pengangkut penumpang, tetapi perusahaan pengelola bandara juga dituntut untuk meningkatkan fasilitas dari bandara tersebut. Landasan pacu di Bandara Internasional Minangkabau memiliki panjang 3000 m dan lebar 45 m. Lebar landasan hubung 23 m. Luas apron 37.800 m2. Dari hasil perhitungan yang didasarkan standar International Civil Aviation Organization (ICAO) dan dengan pesawat A350-900, maka panjang landasan pacu diperpanjang menjadi 3134 m. Lebar landasan hubung masih mencukupi untuk menampung pergerakan pesawat pada jam sibuk. Sedangkan untuk luasan apron dengan pertumbuhan jumlah pergerakan dan jumlah penumpang maka diperluas menjadi 85.850 m2. Kata Kunci: Landasan Pacu (runway), Landasan Hubung (taxiway), Apron, A350-900

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:13
Last Modified: 05 Feb 2016 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item