PELAKSANAAN ADDENDUM PERJANJIAN KREDIT TERHADAP RESTRUKTURISASI KREDIT DEBITUR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA BANK MAYBANK INDONESIA KANTOR CABANG INDUK BATAM

Dimetrio, Dimetrio (2022) PELAKSANAAN ADDENDUM PERJANJIAN KREDIT TERHADAP RESTRUKTURISASI KREDIT DEBITUR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA BANK MAYBANK INDONESIA KANTOR CABANG INDUK BATAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan bank dalam kehidupan masyarakat mempunyai peranan penting dalam suatu Lembaga perbankan, dengan berkembangnya dunia perbankan di Indonesia sudah semakin membaik,berbagai pelayanan jasa keuangan yang dikembangkan untuk memberikan kenyaman bagi nasabah.Pandemi Corona Disease Virus 2019(Covid-19) yang melanda indonesia pada awal Maret 2020 yang memberikan dampak pasang surutnya aktivitas-aktivitas ekonomi.serta, pandemi ini mengakibatkan debitur dalam hal ketidakmampuan membayar kredit atau ketidakmampuan berprestasi dalam suatu perjanjian kredit.Bank Maybank Indonesia Tbk KCI Batam merupakan bank umum yang aktif dalam melakukan penyaluran dana fasilitas kredit kepada debitur khususnya di Kota Batam, di masa kondisi Covid-19 ini yang menyebabkan berbagai kendala dalam pemenuhan prestasi dari pihak debitur kepada pihak bank. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur pemberian restrukturisasi kredit debitur terdampak pandemi Covid-19 pada Bank Maybank Indonesia Kantor Cabang Induk Batam? 2) Bagaimana pelaksanaan addendum perjanjian kredit terhadap restrukturisasi kredit debitur terdamapak pandemi Covid-19 pada Bank Maybank Indonesia Kantor Cabang Induk Batam? Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yang bersifat Yuridis Empiris. Sifat Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat Deskripstif. Teknik dari pengumpulan data penelitian ini dengan cara studi dokumen dan wawancara. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan penulis memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses pemberian rekstukturisasi kredit debitur ini disesuiakan dengan kondisi dilapangan dimana dengan mengeluarkan prosedur dan ketentuan internal berupa memorandum internal yang membagi kebijakan penanganan restukturisasi kredit yang sesuai segmen kredit yang diberikan kepada debitur. Dalam perjanjian kredit terdapat fasilitas kredit, ada beberapa tipe fasilitas kredit yang direstukturisasi yakni; pinjaman berjangka, pinjaman rekening koran dan pinjaman promes. 2) Pelaksanaan Addendum Perjanjian Kredit terhadap Restrukturisasi ini dilakukan adanya pengikatan kredit yang dilakukan antara debitur/nasabah dengan pihak bank. Tahapan pelaksanaan kredit dibawah melalui sirkuler dengan kondisi darurat Covid-19 terdiri; tahapan awal (Verifikasi Email),Verifikasi debitur/nasabah dengan tanda tangan dokumen kredit dan Verifikasi dokumen kredit dan setting fasilitas. Kata Kunci: Addendum Perjanjian Kredit, Restrukturisasi, Fasilitas Kredit, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 May 2022 10:34
Last Modified: 18 May 2022 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104384

Actions (login required)

View Item View Item