Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria Gambir Roxb.) Terhadap Kadar Malondialdehyde Dan Tumor Necrosis Factor- Alpha Darah Tikus Putih Jantan Diabetes

Rahmita, Sri (2022) Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria Gambir Roxb.) Terhadap Kadar Malondialdehyde Dan Tumor Necrosis Factor- Alpha Darah Tikus Putih Jantan Diabetes. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_SRI RAHMITA_1811011007_FARMASI_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh variasi dosis dan lama pemberian gambir terpurifikasi terhadap kadar malondialdehyde (MDA) dan Tumor Necrosis Factor-α (TNF-α) tikus putih jantan diabetes yang diinduksi aloksan telah dilakukan. 15 tikus putih jantan dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif dan 3 kelompok yang diberi gambir terpurifikasi dengan dosis 2.5, 5, dan 10 mg/KgBB. Gambir terpurifikasi diberikan secara oral selama 14 hari. Kadar MDA diukur dengan metode TBARS pada hari ke-3,7, dan 14. Kadar TNF-α diukur dengan metode ELISA pada hari ke-3 dan 14. Data hasil penelitian di analisis menggunakan ANOVA dua arah dan dilanjutkan dengan uji lanjutan Duncan dengan signifikansi diambil pada tingkat kebermaknaan (p<0.05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa gambir terpurifikasi menyebabkan penurunan kadar MDA dan TNF-α secara nyata (p<0.05). Pemberian gambir terpurifikasi selama 14 hari dapat menurunkan kadar MDA, tapi masih menyebabkan peningkatan kadar TNF-α serum tikus diabetes, walaupun peningkatan itu lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa gambir terpurifikasi efektif dalam menurunkan kadar MDA dan TNF-α serum tikus diabetes. Kata Kunci : Gambir terpurifikasi, Katekin, Diabetes, Stres Oksidatif, ROS MDA, TNF-α.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Armenia, MS, Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 18 May 2022 08:10
Last Modified: 18 May 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104323

Actions (login required)

View Item View Item