Kajian Unsur Hara Mikro pada Ultisol yang Dijadikan Lahan Sawah Bukaan Baru di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Serly, Martias Nengsih (2022) Kajian Unsur Hara Mikro pada Ultisol yang Dijadikan Lahan Sawah Bukaan Baru di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KAJIAN UNSUR HARA MIKRO PADA ULTISOL YANG DIJADIKAN LAHAN SAWAH BUKAAN BARU DI KEBUN PERCOBAAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS Abstrak Perubahan penggunaan lahan dari lahan kering seperti Ultisol menjadi lahan sawah bukaan baru akan mengalami perubahan sifat dan ciri tanah baik fisika maupun kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji status ketersediaan unsur hara mikro tanah dan serapan hara mikro tanaman (Fe, Cu dan Zn) pada sawah bukaan baru setelah diberi input 12 ton/ha pupuk kandang di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2021 sampai dengan bulan Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan sampel diambil secara purposive sampling. Pengambilan sampel terdiri dari sampel tanah awal, sampel tanah setelah diberi perlakuan dan pengambilan sampel tanaman. Parameter yang dianalisis yaitu pH tanah, P-tersedia, Al-dd, C-organik, KTK, ketersediaan Fe, Cu dan Zn, tekstur, kadar air dan analisis hara mikro pada tanaman (Fe, Cu dan Zn). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketersediaan unsur hara mikro (Fe, Cu dan Zn) pada sawah bukaan baru di kebun percobaan Limau Manis dari sebelum digenangi hingga setelah digenangi dan diberi 12 ton/ha pupuk kandang. Peningkatan kelarutan unsur Fe dari 35,72 ppm menjadi 144,81 ppm, kelarutan unsur Cu dari 0,38 ppm menjadi 57,17 ppm dan kelarutan unsur Zn dari 3,42 ppm menjadi 68,29 ppm. Serapan unsur hara mikro (Fe, Cu dan Zn) tanaman padi pada sawah bukaan baru dengan nilai serapan Fe sebesar 690,3 ppm, serapan Cu sebesar 136,1 ppm, dan serapan Zn sebesar 205,5 ppm. Serapan hara mikro diangka ini sudah berlebih dan menunjukkan toksik bagi tanaman padi pada sawah bukaan baru. Kata kunci : hara mikro, penggenangan, sawah bukaan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 18 May 2022 08:08
Last Modified: 18 May 2022 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104264

Actions (login required)

View Item View Item