KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG DI DUA KABUPATEN BUDIDAYA BAWANG PUTIH (Allium sativum L) DI SUMATERA BARAT

Shania, Prima Yuza (2022) KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA KELAS LERENG DI DUA KABUPATEN BUDIDAYA BAWANG PUTIH (Allium sativum L) DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover(abstrak))
ABSTRAKfix.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full text)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan swasembada bawang putih, pemerintah Sumatera Barat serius mendorong petani untuk menanam bawang putih diantaranya di Kabupaten Solok dan Agam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisika tanah pada beberapa kelas lereng yang ditanami bawang putih di dua Kabupaten di Sumatera Barat. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive sampling pada beberapa kelas lereng (datar, landai, dan agak curam) pada kedalaman 0-30 cm. Sifat fisika tanah dianalisis di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Parameter sifat fisika tanah yang dianalisis yaitu tekstur, BV, TRP, BO, Indeks stabilitas aggregat, permeabilitas, dan pF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat fisika tanah pada lahan penanaman bawang putih pada kedua Kabupaten dan tiga kelas lereng tidak jauh berbeda, terutama tekstur tanah termasuk kelas (lempung – lempung berliat), berat volume (0,78 – 0,96 g/cm3) dan total ruang pori (64 – 71 % vol) tergolong sedang, permeabilitas tanah (5,72 – 10,12 cm/jam) tergolong sedang sampai agak cepat, indeks stabilitas aggregat tanah (46,59 – 51,71 %) tergolong kurang sampai agak mantap, sedangkan kandungan bahan organik tanah (5,22 - 17,56 %) tergolong sedang sampai tinggi, pori air tersedia ( 13,35 – 25,30 % vol) termasuk sedang sampai sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Yulnafatmawita, MSc
Uncontrolled Keywords: Bawang Putih, Kelas Lereng, Sifat Fisika Tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 18 May 2022 07:18
Last Modified: 18 May 2022 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104249

Actions (login required)

View Item View Item