PEMANFAATAN BAKTERI Bacillus amiyloliquefaciens UNTUK PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merril)

gilang, gilang ashari jamaz (2022) PEMANFAATAN BAKTERI Bacillus amiyloliquefaciens UNTUK PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L.) Merril). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I ( Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V ( Penutup).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text - Gilang Ashari Jamaz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman kedelai merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang penting di Indonesia. Permasalahannya hasil tanaman ini masih rendah karena dibudidayakan pada lahan yang mengandung unsur fosfor total tinggi, tetapi ketersediaannya rendah akibat terikat oleh koloit tanah. Untuk meningkatkan ketersediaan fosfor tersebut dapat dilakukan dengan pemberian pupuk hayati yang mengandung bakteri Bacillus amiyloliquefaciens. Miikroba ini mampu melarutkan fosfor tidak tersedia menjadi tersedia bagi tanaman. Penelitian ini telah dilaksanakan selama empat bulan, dimulai dari bulan Juni sampai dengan bulan September 2021. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan dan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh pemberian bakteri Bacillus amyloliquefaciens terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame, dan mendapatkan dosis bakteri Bacillus amyloliquefaciens terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan yaitu : 0 , 100, 200 , 300, 400, 500 g/ha. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F 5% dilanjutkan dengan DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bakteri Bacillus amylolliquefaciens berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame, bakteri Bacillus amylolliquefaciens dosis 300 g/ha terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS
Uncontrolled Keywords: kedelai edamame, bakteri Bacillus amylolliquefaciens, pertumbuhan, dan hasil
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:29
Last Modified: 20 Jun 2022 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104222

Actions (login required)

View Item View Item