STUDI EKSPERIMENTAL KAPASITAS GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN PENAMPANG LINGKARAN TANPA TULANGAN GESER YANG DIPERKUAT DENGAN LEMBARAN CFRP

Haekal, M. Razi (2022) STUDI EKSPERIMENTAL KAPASITAS GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN PENAMPANG LINGKARAN TANPA TULANGAN GESER YANG DIPERKUAT DENGAN LEMBARAN CFRP. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
3. Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)

Abstract

Indonesia disebut negara yang memiliki banyak bencana alam. Dampak yang terjadi akibat bencana alam tersebut menyebabkan kerusakan atau keruntuhan pada struktur bangunan. Dalam mengatasi kerusakan struktur seperti dengan melakukan perawatan atau memberikan perkuatan pada struktur bangunan. Keruntuhan yang terjadi pada elemen struktur pada umumnya diakibatkan oleh gaya geser yang terjadi tiba-tiba karena sifat beton yang getas (brittle). Perlu diakui oleh seluruh peneliti konstruksi di dunia bahwa perencanaan gaya geser menjadisalah satu perencanaan yang rumit untuk dilakukan. Salah satu penanganan yang dapat dilakukan dalam membantu tulangan geser untuk menahan gaya geser dengan memberikan perkuatan lembaran CFRP sehingga elemen struktur mampu meningkatkan kapasitas geser terhadap beban yang bekerja. Tujuan dari penelitian eksperimental ini adalah mengetahui kontribusi CFRP yang dipasang melingkar terhadap kaspasitas geser elemen struktur beton bertulang tanpa Sengkang, sekaligus mengetahui perilaku yang terjadi pada elemen struktur. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap Pendidikan dan dapat menjadi acuan untuk perkuatan struktur. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Metode eksperimental yaitu mendapatkan suatu data atau hasil, melalui percobaan lansung dari menghubungkan antar variabel-variabel yang diselidiki. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa semakin besar nilai rasio tulangan yang diberikan maka semakin besar pula kapasitas geser balok tersebut. Kemudian, pemasangan lembaran CFRP sebagai perkuatan elemen struktur dapat menambah kapasitas geser elemen struktur tersebut. Pada balok dengan tulangan longitudinal D13 kapasitas geser meningkat 71,41%, balok dengan tulangan longitudinal D16 kapasitas geser meningkat 105,39%, dan balok dengan tulangan longitudinal D19 kapasitas geser meningkat 133,73%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rendy Thamrin, Dr.Eng.
Uncontrolled Keywords: Studi Eksperimental, Rasio Tulangan, Kapasitas Geser, Perkuatan lembaran CFRP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 May 2022 04:17
Last Modified: 18 May 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104215

Actions (login required)

View Item View Item