KUALITAS PELAYANAN PENGADAAN BARANG/ JASA OLEH UPTB. BALAI LPSE PROVINSI SUMATERA BARAT

MUTIARA, REZKI (2014) KUALITAS PELAYANAN PENGADAAN BARANG/ JASA OLEH UPTB. BALAI LPSE PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
201501161015th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mutiara Rezki,No. BP :1010843013, Kualitas Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Oleh LPSE Provinsi Sumatera Barat, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Andalas, Padang, 2014. Dibimbing oleh: Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA, Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 150 halaman dengan referensi 10 buku teori, 3 buku metode, 2 Skripsi, 4 perundang-undangan, 3 dokumen dan 3 website internet. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Kualitas Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Oleh LPSE Provinsi Sumatera Barat. Kajian ini dilatarbelakangi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi secara global, maka secara tidak langsung juga memberikan dampak yang jelas terhadap perkembangan di negara Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah melakukan suatu inovasi terhadap perubahan layanan pengadaan barang/jasa secara manual yang kemudian diubah menjadi pengadaan barang/jasa secara elektronik(e- procurement)yang salah satu pilot project dalam pengadaan barang/jasa secara elektronik adalah Provinsi Sumatera Barat. Banyaknya pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik maka meningkat pula tingkat keluhan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap LPSE Provinsi Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengadaan barang/jasa tersebut dari hasil penelitian, maka dilakukan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan konsep yang peneliti turunkan dari Gronroos dalam dimensi kualitas jasa. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan ini, kualitas pelayanan pengadaan barang/jasa terdiri dari 7 indikator yaitu profesionalisme dan keahlian (professionalism and skills), reputasi dan kredibilitas (reputation and credibility), sikap dan perilaku (attitudes and behaviour), akses dan fleksibilitas (accessibility and flexibility), reliabilitas dan dapat dipercaya (reliability and trustworthiness), pemulihan pelayanan (service recovery) serta lingkungan fisik (servicescape)Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Oleh LPSE Provinsi Sumatera Barat cukup baik. Hal tersebut dikarenakan tidak terpenuhinya indikator-indikator yang mengatur kualitas pelayanan yang terdapat di LPSE Provinsi Sumatera Barat, seperti didalam penanganan masalah berupa: masih terdapat keluhan-keluhan yang diungkapkan oleh penyedia barang/jasa,sikap hangat yang tidak dirasakan oleh penyedia barang/jasa, pelaksanaan pelatihan yang masih kurang dalam menunjang pemberian layanan kepada penyedia barang/jasa serta sumberdaya manusia yang masih terbatas di LPSE Provinsi Sumatera Barat yang mengakibatkan masih adanya rangkap kerja dalam Working grup di LPSE Provinsi Sumatera Barat. Dan terakhir mengenai jaringan yang belum stabil dan masih terjadinya jaringan yang mati di LPSE Provinsi Sumatera Barat. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Pengadaan barang/jasa, LPSE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 07 Jun 2016 16:21
Last Modified: 07 Jun 2016 16:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item