PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ISTRI SEBAGAI KORBAN TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH LEMBAGA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) SAAYUN SALANGKAH BUKITTINGGI

MumThaz, Aulia (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ISTRI SEBAGAI KORBAN TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA OLEH LEMBAGA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) SAAYUN SALANGKAH BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah tangga merupakan kelompok terkecil dalam suatu masyarakat dan terbentuk melalui suatu ikatan perkawinan yang sah dan bertujuan untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Namun, KDRT sering terjadi dan ditemukan di masyarakat. Maka dari itu, pemerintah melakukan upaya perlindungan terhadap korban KDRT mengeluarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan KDRT. Dalam penulisan ini penulis melakukan penelitian tentang Perlindungan Hukum Terhadap Istri Sebagai Korban Tindak KDRT oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan perlindungan hukum yang diberikan P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi terhadap istri sebagai korban tindak KDRT,(2) Apa saja kendala dalam pelaksanaan bentuk perlindungan hukum terhadap istri sebagai korban tindak KDRT oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi, (3) Bagaimana cara mengatasi kendala dalam pelaksanaan bentuk perlindungan terhadap istri sebagai korban tindak KDRT oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Yuridis Sosiologis yaitu mengidentifikasikan dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata, sifat penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitif, yaitu berusaha menggambarkan dan menjelaskan tentang bentuk perlindungan hukum terhadap istri sebagai korban tindak kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi. Dari hasil penelitian ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap istri sebagai korban KDRT oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi dalam bentuk pelayanan sosial yang diberikan dalam bentuk konseling, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada korban yang terkena kekerasan fisik. (2) Kendala dalam pelaksanaan Perlindungan Hukum terhadap istri sebagai korban KDRT oleh P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi adalah tidak ada fasilitas Rumah Aman yang seharusnya ada di setiap P2TP2A serta kurangnya kesadaran korban untuk menerapkan delik aduan. (3) Bentuk upaya yang dilakukan P2TP2A Saayun Salangkah Bukittinggi dalam mengatasi kendala yang dihadapi yaitu mendirikan rumah aman dan aktif mengadakan sosialisasi agar masyarakat sadar hukum bagi korban kekerasan. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Istri Sebagai Korban, KDRT, P2TP2A.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 May 2022 04:36
Last Modified: 18 May 2022 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104173

Actions (login required)

View Item View Item