EVALUASI KELAYAKAN STRUKTUR GEDUNG MANGKRAK JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS ANDALAS

Muhammad, Wahyu Aulia (2022) EVALUASI KELAYAKAN STRUKTUR GEDUNG MANGKRAK JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan Gedung Teknik Industri merupakan salah satu contoh upaya dalam mendukung prasarana pendidikan di kawasan kampus Universitas Andalas. Namun proses pembangunan gedung dihentikan dengan alasan kontraktor putus kontrak (wanprestasi) pada tahun 2010. Sesuai rencana yang telah ditetapkan, pembangunan Gedung Teknik Industri akan dilanjutkan kembali, sehingga perlu adanya evaluasi kelayakan dan kekuatan struktur untuk memeriksa kelayakan gedung serta mengetahui pengaruh beban-beban yang bekerja pada struktur gedung. Evaluasi dilakukan dengan cara menganalisis serta memodelkan gedung menggunakan software ETABS v.18, serta analisis pembebanan pada struktur gedung mengacu pada SNI 1726-2019 untuk perencanaan ketahanan gempa, SNI 2847-2019 untuk persyaratan beton struktural, dan SNI 1727-2020 untuk beban desain minimun dan maximum. Berdasarkan hasil penelitian tugas akhir ini, ditemukan beberapa struktur balok yang tidak memiliki kapasitas cukup kuat dalam menahan beban yang bekerja, dimana nilai momen serta geser ultimate akibat pengaruh beban luar lebih besar dari nilai momen dan geser nominalnya, sehingga diperlukan rekomendasi perkuatan struktur pada Gedung Teknik Industri Universitas Andalas. Metode perkuatan struktur yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan metode Fiber Reinforced Polymer (FRP) pada daerah struktur yang kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng Fauzan S.T, M.Sc. Eng
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Gedung Teknik Industri Universitas Andalas, Evaluasi, Perkuatan Struktur, dan Fiber Reinforced Polymer.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 17 May 2022 09:48
Last Modified: 17 May 2022 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104097

Actions (login required)

View Item View Item