Analisa Pengaruh Konfigurasi Lubang Pada Steel Plate Shear Wall Ukuran 900 x 900 mm Terhadap Kinerja Struktur Akibat Pembebanan Statik Monotonik

Olsa, Fahwanda (2022) Analisa Pengaruh Konfigurasi Lubang Pada Steel Plate Shear Wall Ukuran 900 x 900 mm Terhadap Kinerja Struktur Akibat Pembebanan Statik Monotonik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR Full Text)
TUGAS AKHIR Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Terletak diantara garis pertemuan lempeng menjadikan Indonesia sebagai negara yang rawan dan sering terjadi gempa bumi. Getaran yang ditimbulkan oleh gempa akan berdampak pada kerusakan permukaan bumi khususnya pada struktur bangunan. Untuk menanggulangi terjadinya kerusakan struktur akibat gaya lateral, struktur dapat diberi perkuatan seperti menggunakan Dinding Geser Pelat Baja. Adapun tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk menentukan model dengan kriteria terbaik berdasarkan nilai beban terbesar yang mampu dipikul saat drift ratio 4% dan untuk mengetahui pengaruh variasi konfigurasi lubang serta variasi ketebalan pada steel plate shear wall ukuran 900 x 900 mm berupa beban saat drift ratio 4% dan penurunan kekakuan terhadap kinerja struktur akibat pembebanan statik monotonik. Penelitian ini menggunakan software MSC. Patran dan MSC. Nastran, dimana pemodelan yang dilakukan dengan pembebanan statik monotonik dengan ukuran pelat shearwall adalah 900 mm × 900 mm serta ketebalan yang digunakan 1,5 mm, dan 2,5 mm. Mutu material baja yang digunakan adalah BJ-37 dengan model material bilinear dimana tegangan leleh minimum (fy) =240 Mpa dan tegangan ultimate (fu) =370 Mpa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konfigurasi lubang lurus variasi jumlah lubang memiliki nilai beban tertinggi saat drift ratio 4% berkisar 32,76 kN – 132,38 kN. Untuk setiap penambahan jumlah perforasi nilai beban akan mengalami penurunan dengan persentase berkisar 2,5%-52,4%, begitu pula dengan nilai kekakuan struktur akan mengalami penurunan seiring dengan besarnya perforasi yang diberikan berkisar 9,54 – 85,22 kN/mm. Untuk tegangan awal terjadi di sisi diagonal pelat shear wall lalu menyebar ke seluruh bagian pelat shear wall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nidiasari, MT
Uncontrolled Keywords: Dinding Geser Pelat Baja, Konfigurasi Lubang, Kontur Tegangan, Perforasi, Statik Monotonik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 17 May 2022 09:42
Last Modified: 17 May 2022 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104082

Actions (login required)

View Item View Item