Optimalisasi Kecepatan dan Kedalaman Aliran Bandar Lurus Agar Tidak Merusak Tebing Sungai Batang Kurao

Dega, Ginawa (2022) Optimalisasi Kecepatan dan Kedalaman Aliran Bandar Lurus Agar Tidak Merusak Tebing Sungai Batang Kurao. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pada tanggal 18 Agustus 2021 telah terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama 8 jam yang menyebabkan daerah hilir Batang Kurao dan kawasan Pemerintahan Kota Padang mengalami banjir setinggi lutut orang dewasa. Saat banjir tersebut Bandar Lurus tidak menampung air dari kawasan Pemerintahan Kota Padang, jika dimisalkan air dari kawasan Pemerintahan Kota Padang tersebut dialirkan ke Bandar Lurus, maka akan menambah debit dan kecepatan pada Bandar Lurus. Namun pada hilir Bandar Lurus terdapat Pertemuan tegak lurus antara sudetan Bandar Lurus dan Batang Kurao, jika debit dan ke-cepatan aliran pada sudetan Bandar Lurus tinggi, maka tebing sungai Batang Kurao akan tergerus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalisasi kapasitas dan kecepatan sudetan Bandar Lurus agar tidak merusak tebing sungai Batang Kurao. Simulasi dilakukan dengan dua skenario yaitu: (i) dengan me-nggunakan dasar dan tebing sungai eksisting, kemudian (ii) dengan memberikan variasi terhadap dasar dan tebing sungai Bandar Lurus. Hasil simulasi menunjukkan untuk mendapatkan kecepatan optimal dengan debit 274,85\ m^3/s pada sudetan Bandar Lurus agar tidak merusak tebing sungai Batang Kurao adalah dengan: membuang groundsill pada hilir sudetan; mengganti dasar sudetan dengan batu tajam dan tidak beraturan; dan tebingnya dengan pecahan batu kosong. Dari hasil simulasi diperoleh kecepatan optimal adalah 1,2 m/s dengan tinggi aliran adalah 3,52 m. Kata kunci: Banjir, Bandar Lurus, Optimalisasi, Kecepatan, Kedalaman, Aliran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 May 2022 04:53
Last Modified: 18 May 2022 04:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104066

Actions (login required)

View Item View Item