POLA BAKTERI DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA HASIL KULTUR PASIEN DI RUANGAN INTENSIVE CARE UNIT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

M Firas, Riselo Putra (2022) POLA BAKTERI DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA HASIL KULTUR PASIEN DI RUANGAN INTENSIVE CARE UNIT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview
[img] Text (Skripsi M Firas Riselo Putra)
M Firas Riselo Putra-1810312009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Infeksi bakteri merupakan penyakit infeksi yang paling sering terjadi di rumah sakit sehingga tatalaksana empiris yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri terhadap antibiotik. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pola bakteri dan sensitivitas antibiotika pada hasil kultur pasien rawat di ruangan ICU RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik total sampling dengan mengunakan data sekunder yaitu hasil kultur pasien. Sampel penelitian ini adalah semua hasil kultur pasien yang dirawat di ruangan Intensive Care Unit RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020 dengan total 302 hasil kultur pasien. Hasil penelitian menunjukkan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan (73,2%), kelompok usia 350 tahun (55,6%), jenis sampel tebanyak adalah sputum (54,3%). Jenis bakteri paling banyak adalah Acinetobacter baumannii (25,5%), jenis antibiotik yang memiliki sensitivitas tinggi adalah amikasin dan meropenem untuk bakteri gram negatif dan vancomycin untuk bakteri gram positif. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar bakteri telah resisten terhadap banyak antibiotik sehingga diperlukan penelitian berkala untuk mengetahui pola sensitivitas antibiotik terhadap bakteri ini agar tingkat resistensi bakteri terhadap antibiotik bisa menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elizabeth Bahar, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pola bakteri, ICU, pola sensitivitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 May 2022 07:26
Last Modified: 17 May 2022 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104013

Actions (login required)

View Item View Item