PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM (HATI DAN GINJAL) PADA AYAM BROILER

rahma sari, putri (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS, LEMAK ABDOMEN DAN ORGAN DALAM (HATI DAN GINJAL) PADA AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun pepaya dalam ransum terhadap persentase karkas, lemak abdomen, dan organ dalam ayam broiler. Penelitian ini menggunakan ayam broiler strain Cobb CP – 707 produksi PT.Charoen Pokphand Jaya Farm yang berumur satu hari (DOC) sebanyak 100 ekor. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang box berukuran 75 x 60 cm sebanyak 20 unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen analisis Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, setiap unit percobaan berisi 5 ekor ayam dalam 1 box. Perlakuan terdiri dari perlakuan P0 (ransum dengan tepung daun pepaya 0 %), P1 (ransum dengan tepung daun pepaya 2 %), P2 (ransum dengan tepung daun pepaya 4 %), dan P3 (ransum dengan tepung daun pepaya 6 %). Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa penambahan tepung daun pepaya pada ransum penelitian hingga 6 % tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas, lemak abdomen dan organ dalam (hati dan ginjal) pada ayam broiler. Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan tepung daun pepaya hingga 6% tidak memberikan pengaruh negatif pada ayam broiler, Kata kunci: tepung daun pepaya, persentase karkas, persentase lemak abdomen, persentase organ dalam (hati dan ginjal), ayam broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 17 May 2022 08:09
Last Modified: 17 May 2022 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103982

Actions (login required)

View Item View Item