Efek Sinergetik Ion Iodida terhadap Inhibisi Korosi Baja dengan Ekstrak Daun Kecapi (Sandoricum Koetjape (Burm.F.) Merr) dalam Larutan Asam Klorida

Wahyuni, Sari (2021) Efek Sinergetik Ion Iodida terhadap Inhibisi Korosi Baja dengan Ekstrak Daun Kecapi (Sandoricum Koetjape (Burm.F.) Merr) dalam Larutan Asam Klorida. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR FULL TEXT SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Efek sinergetik ion iodida terhadap inhibisi korosi baja dengan ekstrak daun kecapi dalam HCl 1 N dipelajari dengan metode kehilangan berat (weight loss) pada suhu 30 – 60oC. Efisiensi inhibisi meningkat dengan meningkatnya konsentrasi ekstrak dan iodida serta dengan penambahan suhu. Efisiensi tertinggi adalah 86,61% dengan penambahan ekstrak daun kecapi 6 g/L tanpa penambahan ion iodida dan efisiensi inhibisi meningkat pada penambahan 0,5 g/L ion iodida menjadi 92,63%. Adsorpsi ekstrak daun kecapi pada permukaan baja sesuai dengan isoterm Langmuir. Spektrum FTIR menunjukkan adanya interaksi ekstrak daun kecapi dengan permukaan baja ditandai dengan pergeseran serapan gugus fungsi senyawa dari ekstrak. Karakterisasi menggunakan XRD untuk menentukan pembentukan oksida besi yang terdapat pada lapisan pasif dipermukaan baja. Analisis SEM memperlihatkan adanya perbedaan permukaan baja yang direndam dalam medium HCl 1 N tanpa dan dengan adanya penambahan ekstrak serta penambahan iodida. Parameter sinergetik dipelajari dari nilai efisiensi inhibisi. Kata Kunci: Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr, weight loss, inhibisi korosi,isoterm Langmuir, FTIR, XRD, SEM, efek sinergetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 17 May 2022 06:55
Last Modified: 17 May 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103976

Actions (login required)

View Item View Item