Destinasi Wisata Budaya Berdasar Adat Salingka Nagari di Batu Busuk Pauh Lima Kecamatan Pauh Kota Padang

asneli, asneli (2022) Destinasi Wisata Budaya Berdasar Adat Salingka Nagari di Batu Busuk Pauh Lima Kecamatan Pauh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER_&_ABSTRAK[1].pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB_1_(PENDAHULUAN)[1].pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB_V_(PENUTUP)[1].pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img] Text (skripsi gull text)
SKRIPSI_UTUH[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang destinasi wisata budaya berdasar adat salingka Nagari di Batu Busuk. Tujuan dari penelitian ini yang pertama yaitu, mendeskripsikan destinasi wisata budaya di Batu Busuk Nagari Pauh Limo Kecamatan Pauh. Kedua yaitu, mendeskripsikan adat dan budaya di Batu Busuk Nagari Pauh Limo berdasarkan kebiasaan adat Salingka Nagari dalam konteks ekologi budaya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekologi Budaya yang dikemukakan oleh David Kaplan dan Albert A Mannert. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono. Sampel ini diambil langsung ke lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya; teknik observasi, wawancara, dokumentasi, gabungan/ tringgulasi dan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis data penelitian ini yaitu, pertama Penunjang destinasi wisata budaya yang ada di Batu Busuk terdapat 4 diantaranya: Pemandian Lubuk Mandeh Rubiah, ikan larangan, buah durian Batu Busuk, Sanggar kesenian Nago Sati. Kedua, destinasi wisata budaya Batu Busuk dilengkapi Sarana dan prasarana diantaranya: Tourist map petunjuk arah, Jembatan Pemandian Lubuk Mande Rubiah, pondok pemandian Lubuk Mande Rubiah, Sarana Ibadah seperti Mushola Gerbang Langit. Ketiga, destinasi wisata budaya berdasar adat salingka nagari Batu Busuk nagari Pauh Limo dalam konteks ekologi budaya dapat dilihat dalam beberapa objek destinasi diantaranya: pemandian Lubuk Mandeh Rubiah, ikan larangan, dan Durian Batu Busuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Khanizar, S.Sn.,M.si
Uncontrolled Keywords: destinasi, budaya, adat, Batu Busuk destinasi, budaya, adat, Batu Busuk destinasi, budaya, adat, Batu Busuk
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 17 May 2022 08:33
Last Modified: 17 May 2022 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103941

Actions (login required)

View Item View Item