ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI KANDOU (IMPRESI) DALAM ANIME FATE GRAND ORDER: ZETTAI MAJUU SENSEN BABYLONIA TINJAUAN PRAGMATIK

Rijalul, Fajri (2022) ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI KANDOU (IMPRESI) DALAM ANIME FATE GRAND ORDER: ZETTAI MAJUU SENSEN BABYLONIA TINJAUAN PRAGMATIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
Text (BAB I(Pendahuluan)).pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
Text (BAB IV (Penutup).pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Text Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji penggunaan kandoushi kandou dalam anime Fate Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia dengan menggunakan tinjauan pragmatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada tahap pengumpulan data peneliti menggunkan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada tahap analisis data digunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu. Selanjutnya pada tahap penyajian analisis data digunakan metode infomal. Teori yang menunjang penelitian ini adalah teori kandoushi yang dikemukan oleh Namatame, Masuoka, Takubo juga Terada dan dianalisis menggunakan teori aspek-aspek tindak tutur yang dikemukana oleh Leech. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam anime Fate Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia episode 1-6 terdapat 10 jenis kandou yang menyatakan ekspresi terkejut diluar dugaan, 3 jenis kandou yang menyatakan ekspresi lega, 2 jenis kandou yang menyatakan ekspresi mendalami suatu informasi, 1 jenis kandou yang menyatakan ekspresi kekecewaan dan penyesalan, 1 jenis kandou yang menyatakan ekspresi tertawa. Berdasarkan bentuk tindak tutur penggunaan kandoushi dalam anime FGO: ZMSB diklasifikasikan sebagai bentuk tindak tutur representatif yaitu tindak tutur yang mengikat penuturnya kepada kebenaran yang diucapkannya. Kandou yang paling sering dan paling banyak muncul adalah kandou yang menyatakan perasaan terkejut pada hal diluar dugaan. Kandoushi kandou dapat digunakan kapan saja, dimana saja, dan siapa saja baik itu dalam keadan formal maupun informal. Penggunaan kandoushi kandou dapat digolongkan sebagai bentuk tindak tutur representatif, ekspresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Radhia Elita, S.S., M.Hum
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 17 May 2022 03:38
Last Modified: 17 May 2022 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103883

Actions (login required)

View Item View Item